4 Hal yang diperlukan DIGIPRENEUR agar sukses

Chief Marketing Officer (CMO) GDP Venture, Danny Oei Wirianto mengatakan, setidaknya  ada 4 hal yang dibutuhkan oleh para digipreneur supaya sukses merintis perusahaan startup. "Pertama harus punya konsep atau ide yang bisa membantu orang. Selanjutnya harus punya perencanaan yang matang, tim eksekusi yang mumpuni, serta dukungan finansial," ujar pendiri SemutApi Colony ini.

Danny menambahkan, saat ini perkembangan startup di Indonesia sangat pesat. "Saat ini jumlah perusahaan startup di Indonesia mencapai lebih dari 1.500 dan persaingan untuk menjadi yang terdepan juga sangat sengit. Contohnya startup e-commerce," ujar Chairman Merah Putih Inc. ini

Pesatnya persaingan tersebut membuat para pelaku startup harus putar otak. "Mereka berusaha jadi market leader dengan merekrut talent-talent yang luar biasa menurut saya," imbuhnya. Danny mencatat, tak sedikit startup yang kalah bersaing kemudian gulung tikar. "Tingkat kegagalannya bisa sampai 90 persen," tegasnya.

Meski tidak mudah, Danny punya tips bagi pemula yang hendak merintis startup. Menurut Danny, apapun bidang yang digeluti dalam startup, setidaknya ada 5 prinsip yang harus dipenuhi. 

Prinsip pertama adalah startup harus bisa menghasilkan uang untuk orang lain. Kedua, startup yang dibuat harus bisa menghemat uang orang lain. Ketiga,harus bisa menghemat waktu orang. Selanjutnya,startup yang baik harus bisa membuat orang lain bisa berekspresi. Terakhir, perusahaan itu harus bisa membantu orang lain menjadi lebih efisien. "Prinsip itu yang kami terapkan di GDP Venture," imbuhnya. 

Ini dia video Danny Oei menjawab pertanyaan kamu: https://www.youtube.com/watch?v=KUPnQwVhbew

Popular Posts