Cara Mudah Mengintegrasikan Blog Dengan Twitter

Cara Mudah Mengintegrasikan Blog Dengan Twitter

cara-mengintegrasikan-blog-dengan-twitter
Aktivitas di media sosial saat ini semakin memberikan dampak pada perkembangan sebuah blog atau website, setidaknya itulah yang saya rasakan untuk blog maxmanroe.com, dan mungkin juga blogger yang lain. Saya lihat pengunjung blog saya dari media sosial Twitter dan Facebook semakin banyak. Aktivitas di media sosial ini selain bisa mendatangkan trafik lebih banyak, tentunya juga akan meningkatkan kredibilitas sebuah blog di mesin telusur, terutama Google.
Sebagian dari kita mungkin menggunakan cara manual untuk memposting link artikel blog. Setiap kali kita posting artikel di blog, kita harus membuka akun media sosial (Facebook dan Twitter) lalu memposting link tersebut ke media sosial tersebut secara manual. Cara seperti ini bisa saja kita lakukan, tapi cukup menyita waktu. Saya lebih suka jika link artikel blog saya diposting ke media sosial secara otomatis tanpa saya harus repot login ke akun media sosial saya satu persatu.
Bagaimana cara mengirim link artikel blog post ke media sosial agar kampanye promosi konten blog di media sosial menjadi efektif? Ada beberapa cara yang bisa kita pilih:
  1. Melakukannya dengan cara lama, yaitu posting secara manual. Saya tidak merekomendasikan cara ini, sangat menyita waktu.
  2. Menggunakan plugins wordpress. Sebenarnya bisa dilakukan, tapi kita tidak hanya bicara tentang blog WordPress.
  3. Menggunakan fasilitas pihak ke tiga, misalnya Twitterfeed.comDlvr.it.
Untuk blog maxmanroe.com, saya menggunakan cara ke tiga, yaitu menggunakan layanan dari pihak ke tiga. Layanan yang saya gunakan adalah Twitterfeed.com untuk twitter, dan RSS Grafitti untuk Facebook. Sebenarnya layanan Twitterfeed juga bisa posting otomatis ke Facebook, tapi saya lebih suka tampilan postingan dari Rss Grafitti karena menyertakan gambar dari artikel saya di dalam postingan di Facebook.
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara mengintegrasikan blog saya dengan Twitter, dengan menggunakan fasilitas dari Twitterfeed.com. Ok, langsung saja cara menggunakan layanan ini.

Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Twitter

Sebelumnya Anda harus punya akun twitter dulu ya.  Kalau Anda belum punya akun twitter, ya bikin dulu, saya pernah menulis artikel tentang cara membuat akun twitter.
1. Langkah pertama adalah buka situs Twitterfeed.com, dan buat akun Anda di sana. Ga ngerti caranya? Ok deh sekalian saya tulis saja di sini. Setelah membuka situs Twitterfeed, klik tombol “Registers” yang ada di sana. Lihat gambar
Isi kolom yang disediakan, nama email, password yang diinginkan, dan masukkan captcha pada kolom yang disediakan. Lalu klik tombol “Create Account”. Biasanya akun baru langsung bisa digunakan, tidak memerlukan konfirmasi melalui email. Lihat gambar.
2. Langkah selanjutnya, kita sudah bisa langsung membuat settingan pada akun twitter feed tersebut. Lihat pada bagian atas dashboard Twitterfeed Anda, klik tombol “Create New Feed”. Lalu isi kolom yang di sediakan, seperti:
  • Feed Name: Berikan nama pada Feed Anda
  • Blog URL or RSS Feed URL: Isi dengan URL Rss feed blog Anda. Test rss feed untuk memastikan bahwa URL yang dimasukkan sudah benar.
  • Pada bagian Advanced Settings kita bisa mengatur seberapa cepat feed blog kita akan diposting ke twitter, berapa banyak post akan dikirimkan, isi postingan di twitter, dan apakah menyertakan link atau tidak. Setelah itu klik tombol “Continue to Step 2″. Oh ya, jangan lupa untuk segera login ke akun Twitter Anda. Lihat gambar
3. Setelah melakukan langkah 2, nanti kita akan diarahkan ke halaman baru, dimana kita bisa memasukkan akun twitter milik kita. Klik tombol “Twitter” yang ada di halaman tersebut, nanti akan muncul tampilan tombol “Authenticate Twitter”, klik tombol tersebut. Nanti akan muncul halaman Authorisasi dari Twitter, klik tombol “Izinkan Aplikasi”, nanti Anda akan dibawa kembali ke halaman Twitterfeed. Langkah selanjutnya adalah klik tombol “Create Service” yang ada di bagian bawah halaman Twitterfeed.com tadi. Lihat gambar
Sampai pada langkah 3 di atas kita sudah selesai melakukan settingan untuk menintegrasikan blog kita ke Twitter. Cara ini bisa dilakukan untuk blog yang berbasis WordPress ataupun blog dengan platform lainnya, misalnya Blogger, Tumblr, dan lain-lain.
Yang perlu kita perhatikan adalah URL feed yang kita masukkan jangan sampai salah, pastikan Anda telah melakukan test terlebih dahulu pada halaman Twitterfeed, apakah URL Feed dari blog Anda sudah benar. Jika Anda sudah melakukan langkah di atas dengan benar, maka hasilnya akan segera terlihat pada akun Twitter Anda.
Contoh tampilan postingan otomatis adalah seperti ini
Setiap kali Anda melakukan posting konten di blog, maka dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, postingan tersebut juga akan muncul di Twitter  dan terdapat link menuju artikel di blog Anda. Nah, bila Anda memiliki banyak followers di Twitter, maka kemungkinan besar mereka akan melihat postingan itu dan mengunjungi link menuju artikel tersebut. Ini adalah trafik yang potensial dari media sosial. Di artikel berikutnya saya akan menjelaskan cara mengintegrasikan blog dengan Facebook.
Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengintegrasikan blog dengan Twitter. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kampanye promosi konten Anda di media sosial dan menghasilkan trafik untuk blog Anda. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

sumber: https://www.maxmanroe.com/cara-mudah-mengintegrasikan-blog-dengan-twitter.html

Popular Posts