Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Media Sosial?

Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Media Sosial?

Posting-di-Media-SosialWaktu adalah uang, mungkin peribahasa itu sangat tepat dengan topik yang akan kita bahas kali ini. Utamanya dalam dunia kerja, siapa yang bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, maka penghasilan yang diharapkan pun akan mengalir dengan sendirinya. Termasuk bagi anda yang saat ini sedang menjalani profesi sebagai seorang Internet Marketer, waktu menjadi hal yang harus kita perhatikan agar usaha online yang sedang kita kerjakan bisa berjalan jauh lebih maksimal.
Bagi para pekerja online, salah satu hal yang juga tak kalah penting adalah dalam hal mengelola akun media sosial. Dan sehubungan dengan waktu, apakah Anda tahu seberapa besar pengaruh waktu posting konten di sosmed untuk mendukung usaha online kita? Mungkin banyak yang belum sadar pentingnya memilih waktu yang tepat untuk posting di sosmed. Padahal jika kita tahu triknya,  hal tersebut bisa makin “meledakkan” usaha online kita lho.
Bagi Anda yang sering memanfaatkan #media sosial sebagai media promosi usaha, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai target audiens yang Anda sasar. Berdasarkan pengalaman penulis, beragamnya type pengguna sosial media bisa diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang saling berlawanan. Di satu sisi bisa menjadi hal positif karena peluang pasar yang lebih luas, namun di sisi lain jika gagal menyasar type pengguna yang tepat, bukan tak mungkin usaha promosi bakal sia-sia. Dan tak jarang target audiens kita tersebut aktif pada waktu-waktu tertentu. Itulah pentingnya mengetahui waktu yang tepat untuk posting di media sosial.
Anda ingin tahu kapan waktu terbaik untuk posting di media sosial? Berikut ini kami ulas waktu posting terbaik di beberapa sosial media populer berdasarkan data analisis dari SocialBarel. Stay tune dan simak ulasannya berikut ini :)

1. Facebook

Bagi anda yang sering menggunakan #Facebook untuk berpromosi ria, waktu yang paling tepat posting konten anda adalah mulai pukul 9 pagi hari hingga pukul 3 sore. Pengguna akan mulai menurun mulai jam 4 sore hingga menjelang malam hari. Mengenai harinya, pengguna Facebook lebih “melimpah” sejak hari Senin hingga Rabu.
Waktu yang kurang baik untuk posting di FB adalah mulai pukul 8 malam hingga 8 pagi. Utamanya di waktu weekend sabtu dan minggu. Namun di Indonesia sendiri pengguna Facebook saya kira masih cukup banyak yang mengakses FB di rentang waktu malam hari dan menjelang tengah malam. Malah fenomena yang saya tangkap waktu tersebut adalah waktu yang banyak digunakan para pengguna (utamanya laki-laki) untuk mencari hal-hal yang mereka butuhkan.

2. Twitter

Karena sifatnya yang simple dan langsung ke intinya, #Twitter memang banyak dipuja sebagai alat promosi online yang terbaik. Untuk Twitter waktu terbaik yang bisa Anda pilih adalah setelah jam 11 siang, pada waktu itu trafik Twitter mulai tumbuh dan mencapai puncak pada jam 3 sore.
Menurut riset tersebut juga menyebutkan hari Senin dan Selasa menjadi waktu yang terbaik. Dan hindarilah posting pada jam 8 malam hingga 9 pagi. Hari yang kurang baik untuk nge-tweet promosi kita adalah Jumat. Kenapa? Karena menurut riset pada hari tersebut lebih banyak pekerjaan offline yang dikerjakan.

3. Google+

Sosial media besutan #Google ini memang belum sepopuler kedua kakak kelasnya di atas tadi, namun sebenarnya potensi nya cukup besar lho. Apalagi buat Anda yang memiliki target pasar luar negeri,Google+ bisa menjadi alternative yang tepat. Menurut data yang saya dapatkan, waktu terbaik untuk posting di G+ adalah pada pukul 9 pagi dengan puncak pengguna pada pukul 11 siang.
Menjelang sore hari, trafik nya akan makin menurun terutama bagi anda yang sering posting berita sangat disarankan untu tidak memposting setelah jam 6 hingga 8 malam. Menurut saya ini juga dipengaruhi oleh keterkaitan G+ dan Gmail yang amat erat. Jadi perilaku akses layanan email Google tersebut juga akan memberi pengaruh yang besar pada trafik G+.

4. Pinterest

Pinterest adalah sosial media photo sharing yang masih belum terlalu lama muncul namun sudah menjadi lahan promosi yang potensial. Dari pandangan saya, di Indonesia sendiri pola karakter pengguna Pinterest memang sangat membantu makin suburnya promosi online via sosmed tersebut. Bahkan, banyak #ecommerce baik pribadi maupun koorporat yang menggunakan Pinterest sebagai “etalase” bisnisnya.
Dari data SocialBarel menunjukkan fakta yang unik. Waktu terbaik yang bisa kita manfaatkan adalah setelah jam 12 siang, tepatnya pukul 2 hingga 5 sore. Namun sebaiknya Anda stop pada pukul 5 hingga 7 sore, karena pada waktu tersebut para pengguna Pinterest cenderung turun. Baru setelah itu pukul 8 malam hingga tengah malam, aktifitas promosi di Pinterest bisa anda lanjutkan kembali. Hal ini menunjukkan bahwa pengakses Pinterest memang lebih banyak muncul di malam hari dan menjelang pagi hari.
Untuk menentukan waktu terbaik kapan anda bisa memposting konten promosi anda di sosmed memang gampang gampang susah. Estimasi di atas bisa saja digunakan sebagai patokan umum, namun saya menyarankan untuk melakukan research sendiri untuk menentukan kapan waktu terbaik posting di media sosial Anda.
Hal tersebut dikarenakan sifat konsumen dari tiap produk berbeda-beda, terlebih lagi karena beda tempat bakal beda pula pola hidup orangnya. Ada yang lebih cenderung beraktifitas di pagi hari, ada yang senggang dan punya waktu di sore hari atau ada pula yang baru bisa membuka akun sosmed nya di malam hari. Dengan sedikit kejelian melihat target kita, usaha promosi di sosmed bisa berjalan dengan lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.
Sebagai tambahan hiburan, berikut ini semua video menarik tentang fenomena pengguna sosial media :p

Popular Posts