Pengguna Twitter Ini Kulik Alasan Konten TikTok Sisca Kohl Viral di Media Sosial

 Pengguna Twitter Ini Kulik Alasan Konten TikTok Sisca Kohl Viral di Media Sosial


Cuitan warganet yang mengulik konten TikTok Sisca Kohl yang sering viral, jadi pembahasan ramai di Twitter, Selasa (30/3/2021) malam hingga Rabu (31/3/2021) pagi. 


Konten kreator TikTok Sisca Kohl ini sering mengundang tawa dan nyinyir dengan konten barang dan makanan mahal yang tak terpikiran oleh warganet.


Namun, siapa sangka Sisca Kohl dan adiknya Aliyyah ini sebenarnya duo konten kreator yang genius.


Pasalnya, konten mereka selalu viral dan sepertinya sudah dipersiapkan dengan matang.


Bahkan paham soal persoal branding (pencitraan diri) yang sesuai dengan pasar yang dituju mereka.


Terutama suara Sisca Kohl yang terngiang di kepala warganet. 


Itulah yang diamati seorang warganet melalui untaian cuitan di akun Twitter @dinikopi, Selasa (30/3/2021) malam.


Sang pengguna bernama @dinikopi mengulik satu persatu apa saja yang menyebabkan konten Sisca Kohl selalu viral. 


Disamping itu pengguna @dinikopi menjelaskan alasan konten pamer harta Sisca Kohl amat berbeda dengan konten serupa. 


Untaian itu hingga Rabu (31/3/2021) mendapat likes lebih dari 20,8 ribu kali dan di-retweet lebih dari 5250 kali.


Tak pelak, cuitan ini mendapat respons warganet yang setuju dengan cuitan @dinikopi.


"So I deduce (Jadi saya menyimpulkan): 1. Pamer kekayaan; 2. Nada berulang."


"Repetition (pengulangan) bikin orang familiar & ingat dengan nada tersebut (emotikon centang)."


"Tapi pamer kekayaan ini ngga pernah tau why people are so attracted to this and it always works (mengapa orang-orang sangat tertarik dengan ini dan selalu berhasil)," ungkap @fierza dengan heran.


"sisca pamer in different way (dengan cara yang berbeda), gua liat sebagian besar orang kaya di tt (TikTok) pamer kekayaannya tu kayak jamlah, mobillah, rumahlah so usual (sangat biasa),"


"meanwhile (sementara) sisca pamer barang expensive yang unpredictable (barang mahal yang tak terterbak) kaya mesin es krimlah, celenganlah, etc," jawab @talkmegurl.


"yes indeed! she’s smart tho. on another level. (ya memang, dia cerdas tahu, pada tingkat yang berbeda)"


"netijen bisa bilang annoying (sebal) tapi itu nilai jual doi, skripnya konsisten bgt wakk."


"btw (sambil lalu) salut sama dia yg bisa masak juga sih, rasa2nya jarang kaum old money (orang kaya lama) yg masih mau masak dan ngulik2 resep gitu," ungkap @AiyMasithah panjang-lebar.


"Dari pov ku (sudut pandang) entah knp cara dia menunjukkan ke-kaya an nya tdk bikin orng insecure (tak nyaman), malah jd bikin seneng."


"Itu yg paling bikin betah nonton, walau blm jelas konteksnya apa," ujar @PengharumRaga.


"Aku suka dri cara sisca pamer tu kata2nya sopan "makan jamur 6jt checkk" "makan nasi goreng 400jt checkk" ngga kaya sebelah "beli mobil cm 1 m!" Kek apa ya, sombongnya tu ngeselin wkwk klo sisca nontonnya jd "oala ini ya jamur mahal" "ko bisa mahal ya"," aku @idfc____


Selain konten, beberapa warganet termasuk salut dengan Sisca Kohl yang terlihat menjaga privasi keluarganya.


Terbukti, hanya sedikit latar belakang Sisca Kohl yang terungkap ke media.


"Btw dia juga melindungi privasi keluarganya. Terbukti kita ga tau siapa bapak/ibunya hahahaha dan lagi minim banget info dia di google. Even her real name (bahkan nama aslinya)," kata @dsptln salut.


"Temennya pernah komen sih di TT (ntah bener/ngga). Keluarga Sisca kaya tp ga sekaya itu smp masuk 9naga atau orang terkaya. Dia dr usia 16th sudah memulai bisnis sendiri. Tmnnya spill dikit krn sebel sisca dikatain cm ngabis2in uang ortunya, pdhl dia emang pinter bisnis," balas @hildahandi.


"Tapi sepertinya basic keluarga Sisca Kohl ini memang pebisnis, jadi dengan strategi yang tepat bisa ditembakkan ke masyarakat luas. Mungkin bisa juga dia latihan strategi menggunakan tiktok sebelum turun ke area bisnis yang lebih besar," ujar @Jeffry80562173.


"Dan keliatannya bisnis ga main-main bcs (karena) sisca menjaga privasi keluarganya serapat itu," tanggap @hamuname_ mengamini.


Isi Cuitan Pengamatan @dinikopi


Mulanya, @dinikopi melihat konten kanal YouTube Sisca Kohl berisi konten make up.


Lalu, satu konten berisi makanan jauh ditonton lebih dari 1 juta ketimbang konten make up-nya yang berkisar antara 56 hingga 152 ribu kali.


Dari sini, @dinikopi menganggap, Sisca Kohl mulai banting stir ke konten makanan karena sudah belajar dari konten sebelumnya.


Maka, Sisca Kohl sengaja membuat konten yang banyak peminatnya agar populer.


Mengambil konten pamer harta, Sisca Kohl sengaja mengambil elemen yang berbeda.


Ada beberapa ciri khas konten Sisca Kohl.


Pertama, pamer barang mahal yang tak terkira, seperti mesin pemanggang hot dog, celengan listrik berbentuk brankas, dan sebagainya.


Kedua, intonasi suara yang khas.


Sebab, nada suara Sisca Kohl saat berbicara normal dengan di konten TikTok amat berbeda.


Ketiga, frase pikat (catchphrase) Sisca Kohl jadi pengenal.


Misalkan: Selamat makan, selamat mencoba, dan mari kita coba.


Beralih ke konten TikTok, suara unik Sisca Kohl mulai muncul pada 2020 sewaktu me-review mesin pemanggang hotdog. 


Selain suara, @dinikopi menilai kalimat pada konten TikTok sudah dibikin mirip.


"Ibarat kerangka tulisan, Sisca Kohl menemukan formula tepat agar tiap script dalam videonya bisa menimbulkan banyak komentar," tulis @dinikopi lebih lanjut.


Menurut @dinikopi, susunan konten TikTok Sisca Kohl tersusun berikut:


Pertama, menyebut judul dan tema kegiatan, biasanya Sisca dan Aliyyah Kohl yang mengisi suara.


Kedua, video menikmati makanan atau memamerkan barang dengan deskripsi kegiatan.


Ketiga, langkah pembuatan makanan ataupun cerita di balik benda yang jadi konten.


Keempat, menyebutkan detail pembuatan.


Kelima, menjelaskan alasan memasak atau memakan makanan yang mahal itu dibarengi alasan sederhana tetapi menohok penonton berjiwa rakyat jelata.


Keenam, mengatakan makanan dan masakan yang dibuatnya jadi hal biasa dan ini makin menohok penonton berjiwa rakyat jelata seperti @dinikopi.


Terakhir, mencicipi masakan dan menunjukkan fungsi benda mahal milik mereka.


"Jadi bayangkan kombinasi itu semua: Konten pamer harta + makanan atau alat masak yang unik dan bikin orang penasaran + suara yang unik + nada bicara yang konsisten + script yang powerful = The Legendary Sisca Kohl," tutupnya.




https://sumsel.tribunnews.com/2021/03/31/pengguna-twitter-ini-kulik-alasan-konten-tiktok-sisca-kohl-viral-di-media-sosial

Popular Posts