Selain MC, Ini 4 Freelance Job yang Bisa Kamu Jajal Bila Kuasai Public Speaking!

RADARMALANGID – Beruntung bila kamu memiliki kemampuan public speaking di era yang kini sudah semakin berbasis mesin dan digital. Berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF) mengenai kemampuan kunci yang patut dimiliki para pekerja di tahun 2030, soft skill yang berkaitan dengan sosial dan emosional mengalami peningkatan kebutuhan sebanyak 23%.
Skill tersebut tentu tak lepas dari kemampuan komunikasi, negosiasi, manajemen, dan tentunya public speaking. Dalam lingkup freelance job, pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill “ngomong” ini ternyata gak cuma melulu tentang Master of Ceremony (MC) aja kok!
Kamu bisa mencoba mendalami beberapa pekerjaan lainnya yang gak kalah seru. Simak dulu yuk!
1. Voice Over Talent
Semakin berkembangnya dunia kreatif, khususnya dunia videografi, voice over talent pun makin sering dicari dalam sebuah projek produksi video. Tugasnya terdengar sederhana, yaitu mengartikulasikan skrip yang telah dipersiapkan dengan direkam tanpa kamera. Namun, di balik proses tersebut, peran voice over talent membutuhkan suara beribaca yang enak, kemampuan untuk membaca skrip dengan nada yang sesuai, emosi, dan kejelasan pengejaan. Jasa voice over talent biasanya akan dibutuhkan dalam bidang periklanan, perfilman, atau bisa juga direkrut dalam projek-projek rumah produksi.
2. Mentor Klub Broadcasting atau MC
Bosan memandu acara? Coba deh buat ‘tularkan’ kemampuanmu ini ke mereka yang sedang belajar untuk menjadi MC, broadcaster, dan semacamnya. Karena sudah terbiasa berbicara di depan publik, tentunya skill mengajar bukan masalah dong buat kamu? Dengan menjadi mentor, kamu juga bisa sekaligus mengeksplor people management skill-mu, lho! Jasa mentor broadcasting dan MC ini biasanya dapat ditemui di berbagai sekolah yang memiliki ekstrakulikuler serupa.
3. Penyiar Radio
Dalam beberapa kesempatan, instansi radio juga membuka lowongan untuk penyiar lepas kok. Nah, ini bisa jadi kesempatan untuk ‘menumpahkan’ kemampuanmu sebagai public speaker. Selain bertugas untuk berbicara dan membacakan skrip ketika siaran, seorang penyiar radio juga harus bisa beinteraksi dengan audiens di sosial media, menyetel musik, dan menyiapkan skrip sekaligus. Multitasking is a must-have skill!
4. Podcaster dan Content Creator
Tren membuat konten podcast bisa jadi salah satu celah untuk kamu yang tak suka bekerja di bawah orang lain dan ingin berkreasi sesukamu. Modal public speaking-mu tentu akan sangat berguna ketika ingin berkarya dengan konten berbasis audio seperti podcast ini. Namun, pemikiran kreatif dan kritis, serta skill bersosialisasi yang baik juga akan dibutuhkan di sini. Jangan lupa untuk menentukan seperti apa podcast-mu akan tersiar dan program-program apa saja yang ingin kamu buat, ya!

Popular Posts