7 Pekerjaan Ini Cocok buat yang Punya Bakat Marketing

Ilustrasi orang sedang mengetik

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti punya skill masing-masing. Semua itu perlu dihargai dan digali lebih dalam. Jika kamu punya skill di bidang marketing, kegiatan promosi sangat cocok kamu handle.
Meski demikian, marketing tidak selalu identik dengan sales. Terdapat berbagai profesi yang menjanjikan di bidang marketing yang bisa kamu pahami berikut ini. Apa saja? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Social Media Specialist
Digitalisasi era saat ini sudah membawa banyak perubahan. Salah satunya yang paling terkenal adalah di dunia marketing.
Pemasaran produk saat ini sudah sangat canggih yaitu dengan sistem digital. Bahkan, kegiatan promosi via digital ini dilakukan lewat media sosial. Melihat fenomena sekaligus peluang ini, banyak sekali dibutuhkan social media specialist.
Deskripsi pekerjaan dari seorang social media specialist ini cukup menarik dan menantang. Ia diharuskan merancang strategi pemasaran sekaligus menjalin relasi dengan sesama media lain. Menariknya, kamu bisa berselancar di dunia maya sekaligus bekerja. Meski demikian, terkadang kamu harus rela ketika weekend harus menyempatkan waktu bermedia sosial demi urusan kantor.

2. Influencer
Profesi berikutnya yang erat kaitannya dengan marketing adalah influencer. Sebelum memutuskan membeli suatu produk, pasti seseorang membaca ulasan atau review produk tersebut. Di sinilah letak peran influencer yang bertugas untuk membuat ulasan dari suatu produk. Ulasan ini dapat dibuat sedemikian rupa mulai dari spesifikasi produk, khasiat, cara pemakaian, pembelian, dan lain-lain.


3. Copywriter

Pekerjaan berikutnya yang sangat kental dengan dunia marketing adalah copywriter. Tugasnya adalah membuat tulisan singkat yang memang menarik atau persuasif agar seseorang menjadi tertarik dan membeli produk yang diulasnya.
Sebagai contoh, seorang copywriter membuat tagline-tagline dari sebuah produk suatu perusahaan yang menarik pembeli.
Melalui tagline tersebut, setiap orang akan terngiang dan terbentuk persepsi terhadap suatu produk. Hal ini bisa meningkatkan hasil penjualan produk dan menjadi titik keberhasilan seorang copywriter.

4. Content Writer
Saat ini, kegiatan promosi tidak hanya dalam bentuk video, brosur, atau pamflet. Kini, terdapat pemasaran konten yang sangat dibutuhkan produsen untuk mengisi situs website mereka terkait produknya dan bagaimana citra perusahaan itu sendiri.
Untuk mengisi konten dari sebuah situs, diperlukan peran dari seorang content writer. Kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai penulis ini.
Perbedaannya dengan copywriter tentu saja adalah deskripsi pekerjaannya. Content writer atau penulis konten berarti bertanggung jawab untuk mempromosikan suatu produk lewat tulisan agar siapa pun yang membaca menjadi paham dan terkesan. Jadi, konten ini sifatnya informatif dan komunikatif atas suatu produk, sehingga melalui itu konsumen menjadi tertarik membeli.

5. Graphic Designer

Profesi berikutnya yang cocok untuk kamu yang punya skill di dunia marketing adalah graphic designer. Profesi ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran karena mampu memperkenalkan suatu produk dengan visualisasi yang mengagumkan. Nilai suatu produk sangat dikemas sedemikian rupa agar terlihat sisi positifnya dan diharapkan tetap seperti aslinya.
Graphic designer ini mendesain suatu produk, kemudian mempromosikannya ke media, baik media cetak, maupun digital.
Untuk menduduki profesi ini, kamu perlu mengembangkan skill di bidang graphic dengan pengaplikasian software design digital.

6. Account Executive
Pekerjaan berikutnya yang cocok adalah account executive. Profesi ini sangat menjanjikan untukmu karena sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan relasi mereka. Hal ini terkait dengan tugas EO adalah menjalin kerja sama dengan klien. Jadi, tidak heran apabila seseorang dalam posisi ini sangat cakap dalam berkomunikasi dan bernegosiasi.


7. Product Owner

Dalam bisnis, diperlukan suatu riset untuk mengamati bagaimana perkembangan suatu produk, terutama dalam hal teknologinya. Hal ini menjadi tugas seorang product owner yang bekerja di departemen IT suatu perusahaan. Mereka berfokus pada proyek pengembangan teknologi suatu produk agar lebih inovatif, modern, dan punya pelayanan berbasis digital.
Daftar profesi di atas sangat direkomendasikan untukmu yang punya skill di dunia marketing. Bahkan, saat ini promosi atau pengenalan produk bisa dilakukan lewat berbagai media dengan cara yang beragam. Untuk itu, kini saatnya kamu mengasah terus kemampuan di bidang marketing dan mencoba merintis karier di salah satu profesi di atas.


Popular Posts