Tiket KA Lebaran Sudah Mulai Ditawarkan

Foto: istimewa
BANDUNG, suaramerdeka.com - Tiket kereta api KA Lebaran 2020 mulai ramai ditawarkan terutama di lini sosmed. Merujuk sistem pemesanan yang diberlakukan setiap tahunnya, pembelian tiket bisa dilakukan sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan, atau H-90.
Hanya saja, dalam tujuh bulan terakhir, operator plat merah tersebut memberlakukan masa pemesanan 30 hari sebelum keberangkatan, H-30. Hal ini pun diamini Jubir PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pusat, Yuskal Setiawan saat dihubungi Jumat (7/2). "Sampai dengan saat ini penjualan masih mengacu pada H-30," tandasnya. Dengan demikian, tegasnya, pemesanan tiket Lebaran masih mengacu kepada ketentuan tersebut. Setiap perubahan kebijakan, dia menjanjikan bakal diumumkan secepatnya.
Terpisah, sebelumnya, seorang pejabat KAI menyebut bahwa kemungkinan sistem pemesanan tiket Lebaran bakal kembali memberlakukan pola-pola sebelumnya. "Iya betul, H-90," katanya sambil meminta untuk menghubungi Jubir PT KAI.
Jika sesuai rencana, pembukaan ticketing Lebaran itu sekaligus bakal menandai pula normalnya sistem pemesanan operator transportasi jalan baja ini. Bahwa tiket KA bisa kembali dipesan sejak H-90.
Sebelumnya, sejak Juli lalu, BUMN transportasi yang berbasis di Bandung itu memberlakukan masa pemesanan H-30 termasuk pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu. Alasan yang dikemukakan, mereka tengah melakukan perbaikan pada sistem ticketing
Dengan pemberlakukan H-30, pemesanan tiket KA Lebaran 2020 baru bisa dilakukan pada April mendatang. Lain halnya sistem pemesanan H-90 yang diberlakukan kembali. Masyarakat sudah harus bersiap membeli tiket sekitar tanggal 14 Februari 2020, bertepatan masa keberangkatan H-10.
Di lini sosmed sendiri, penawaran tiket Lebaran sudah banyak dilakukan lengkap dengan jadwal pemesanan sebagai panduan. Tawaran kemudahan disebutkan, di antaranya pemesan tak perlu begadang dalam melakukan booking. Dalam responnya, warga berminat termasuk menanyakan fee yang harus dibayarkan untuk layanan tersebut.
(Setiady Dwi/CN26/SM Network)

Popular Posts