Tingkatkan Peluang Usaha di Pasar Global dengan Facebook Shops

 


Mungkin banyak dari pelaku usaha yang masih terjebak dengan pemikiran bahwa untuk memasarkan produk ke pasar internasional harus melalui jalur ekspor dengan kuantitas besar. Padahal, di era yang serba digital ini, menembus pasar internasional jauh lebih mudah dan besar peluangnya.


Hal ini bisa diwujudkan jika para pelaku usaha menggunakan Facebook Shops yang ada di Facebook Business. Hal ini disampaikan langsung oleh Niko Atmadja, trainer digital marketing di acara Online Training Digital Marketing: Laris Jualan dengan Buka Toko Virtual di Facebook Shops, yang diadakan pada Selasa, 10 November 2020 lalu. 


“Salah satu hal menarik lainnya dari penggunaan Facebook Shops adalah semakin meningkatnya potensi usaha Anda agar bisa dilihat oleh calon konsumen global. Jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, tapi bisa berjualan sampai ke seluruh dunia,” papar Niko menjelaskan.


Facebook Shops sendiri memudahkan para pemilik usaha yang memiliki akun Halaman Bisnis Facebook untuk memamerkan produk-produk mereka secara lebih leluasa, sekaligus mengajak calon konsumen untuk langsung bertransaksi hanya melalui satu pintu saja. Kenapa para UKM harus memiliki Facebook Shops? 


“Survey dari Instagram, 83% responden mengatakan bahwa mereka senang melihat suatu produk dan 80% di antaranya bertransaksi langsung ketika melihat produk yang relevan dengan kebutuhan mereka. Inilah kesempatan yang jangan disia-siakan oleh para pemilik usaha,” ujar Niko lagi memaparkan.


Artinya, ketika calon konsumen melihat bisnis Anda, sebisa mungkin transaksinya dilakukan di satu tempat yang sama tanpa harus membuat mereka kesulitan berpindah ke platform lain untuk bertransaksi. Dengan Facebook Shops, akan memberikan pengalaman bagi konsumen untuk berbelanja di satu pintu saja. 


“Dengan adanya Facebook Shops ini, semuanya akan jadi seamless,” tambah Niko.


Kelebihan lainnya, kecanggihan sistem AI dari Facebook bisa menampilkan produk yang relevan bagi orang yang datang ke toko virtual Anda. Ditambah lagi, dengan komunitas yang sudah ada di Facebook, akan semakin memudahkan para pemilik usaha agar bisnis lebih terkenal lagi. 


“Anda bisa membuat satu toko, yang mana nanti bisa dibuka di Facebook dan Instagram. Integrasi toko di dua platform tersebut tentunya akan memudahkan para pelaku usaha dalam memamerkan produk mereka tanpa perlu repot-repot melakukannya dua kali. Namun untuk bisa melakukan itu harus menghubungkan akun bisnis Facebook dan akun bisnis Instagram,” papar Niko tentang pentingnya integrasi akun Facebook Bisnis dan Instagram Bisnis.


Jangan khawatir jika ternyata Anda memiliki strategi yang berbeda untuk audience di Facebook maupun Instagram. Menurut Niko, apabila pelaku usaha memiliki target audience yang berbeda atau ingin menampilkan produk yang berbeda di antara dua platform, maka sangat mudah untuk menyetel kebutuhan tersebut. 


“Anda bisa menyesuaikan setelannya melalui Commerce Manager. Sangat gampang,” jelas Niko lagi.


Dan tentunya agar produk Anda bisa dilihat oleh pasar internasional pun caranya mudah. Anda tinggal mengatur setelan target audience dari Facebook Shops seluas yang diharapkan.  


Kini tak ada lagi alasan bagi para pelaku usaha untuk bisa memasarkan produk mereka seluas mungkin. Tak terkecuali pasar internasional. Maka, jangan lupa juga untuk mempromosikan toko virtual Anda.


“Promosikan toko Anda agar semakin luas jangkauan pemasarannya. Promosi toko virtual ini bisa dilakukan melalui iklan Facebook atau Instagram,” sarannya. 


Untuk diketahui, pelatihan daring Laris Jualan dengan Buka Toko Virtual di Facebook Shops adalah webinar kolaborasi antara Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina. Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.


Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 





https://www.femina.co.id/money/tingkatkan-peluang-usaha-di-pasar-global-dengan-facebook-shops

Popular Posts