Perusahaan Ini Mencari Pegawai Yang Bisa Nge-Meme!
Nge-meme saat ini merupakan hal lumrah bagi netizen baik untuk menghibur diri hingga pansos. Namun siapa sangka jika saat ini nge-meme bisa menghasilkan uang atau membuka lapangan pekerjaan baru?
Setelah viral-nya perusahaan ojek online berkat admin sosial medianya yang rajin nge-meme. Perusahaan tersebut membuat sebuah terobosan dimana perusahaan lain tidak kalah mencari pegawai yang bisa nge-meme.
Seperti yang baru-baru ini cukup hangat, sebuah perusahaan asal Yogyakarta yang bernama MasBos Corporation membuka lowongan pekerjaan bagi yang bisa membuat meme.
Dalam poster lowongan pekerjaan yang mereka unggah di sosial media Facebook. Perusahaan yang beralamatkan di Jl. Waringin No. 153 RT 05/RW 02 Karangbendo, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini sedang mencari orang yang pandai membuat konten sh*tpost.
Perusahaan tersebut berdalih membuka lowongan pekerjaan untuk mereka yang pandai membuat konten sh*tpost agar tidak kalah dengan TikTok.
Dengan persyaratan yang cukup mudah yaitu memiliki pengetahuan dan kreativitas up to date perihal tren meme, sh*tpost, dan isu yang berkembang saat ini, bahkan wibu, gamer pun bisa bergabung di perusahaan tersebut.
Lowongan pekerjaan meme ini membuat perusahaan tersebut menjadi daya tarik. Rencananya bagi mereka yang lolos kualifikasi akan ditempatkan sebagai tim kreatif di Divisi Kolam Ikan Departemen Riset & Pengembangan MasBos Corporation.
Meme dan Potensi Besar yang Terkandung di Dalamnya
Di awal kemunculannya, meme hanya dianggap sebelah mata, mulai dari hiburan belaka hingga media curhat bagi mereka yang masih jomblo (walau sekarang juga masih). Tapi belakangan ini, tidak sedikit yang mulai menemukan potensi dibalik “gambar lucu” ini.
Mulai dari perusahaan besar hingga instansi pemerintah mulai memanfaatkan meme untuk mendekatkan diri dengan netizen. Misalnya perusahaan ojek online Buroq yang saat ini masih cukup terkenal berkat iklannya yang menggunakan unsur meme, yaitu menggunakan foto Youtuber PewDiePie sebagai ‘reaction image‘.
Tentu hal ini menarik perhatian perusahaan lain untuk menggaet mereka yang bisa nge-meme untuk bekerja di perusahaannya sebagai tim kreatif ataupun marketing-nya.
Bahkan instansi pemerintah dan lembaga negara pun mulai merasakan potensi besar dibalik meme. Seperti contohnya saat LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Republik Indonesia sempat membuat ilustrasi gerhana matahari menggunakan referensi meme “Woman Yelling at a Cat“.
Atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) daerah Bandung yang menggunakan meme dari adegan Scooby-doo untuk menjelaskan bahaya dari obat yang diklaim tidak menggunakan bahan kimia.
Bahkan layanan Provider XL Home juga sempat mencicipi nikmatnya ngiklan menggunakan meme, yaitu dengan menggunakan referensi dari meme yang diambil dari anime Jojo’s Bizzare Adventure.