Revolusi Industri 4.0 Menuntut Kompetensi Baru

YOGYA, KRJOGJA.com - Revolusi Industri 4.0 sedang mengawali jejaknya di zaman ini dan telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu.
"Fenomena Revolusi Industri 4.0 menjadi dilematis bila menyinggung posisi tenaga kerja manusia berhadapan langsung dengan pemutakhiran teknologi," terang dosen tetap Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta, Hanaotel Cavinto Yogyakarta, Senin (20/1/2020). Adapun jumlah mahasiswa yang diwisn Wihasto SE MM saat menyampaikan orasi ilmiah Wisuda Sarjana XIX STEI Yogyakarta di Ballroom Huda pada periode kali ini sebanyak 42 orang.
Menurut Hanan, kemajuan teknologi telah menciptakan kompentensi-kompetensi baru yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menjadi bagian dari kemajuan tersebut. Hal ini mendorong setiap orang mengakselerasi dirinya mendapatkan berbagai kompetensi baru tersebut dengan harapan pasar menerima keahlian mereka. "Agar bisa memenangkan kompetisi di era sekarang ini perlu inovasi, kreativitas dan enterpreneurship," katanya.
Ketua Yayasan Swarna Indraloka Yogyakarta yang menaungi STEI Yogyakarta, Dr H Yulianto Pudjiwinarno SE MM MSI mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan berharap wisudawan berkontribusi bagi kemaslahatan umat, bangsa dan negara. Para Wisudawan juga diharapkan menjadi Sarjana Ekonomi dengan keahlian perbankan syariah yang kreatif, jujur, berintegritas dan bermartabat.
"Dunia sudah demikian sempit, teknologi telah memendekkan jarak, informasi menembus ruang dan waktu begitu cepat. Keterbukaan dalam berpikir adalah modal utama sebuah proses perubahan. Tetapi kesuksesan sehebat apa pun tidak ada artinya apabila tidak mengarahkan kepada ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar Yulianto.
Sedangkan Ketua STEI Yogyakarta Dr Mujahid Quraisy SE MSI berharap, setelah masuk dunia kerja, para wisudawan bisa membangun public image di tengah masyarakat, bahwa STEI Yogyakarta bisa dipercaya dan kapable dalam mencetak lulusan yang mumpuni di bidang ekonomi dengan keahlian perbankan syariah yang berakhlak mulia. (Dev)

Popular Posts