20 Tahun Facebook, Ini 10 Fakta Unik yang Jarang Diketahui



 Pada 4 Februari 2004, salah satu media sosial populer di masa sekarang dilahirkan, yang tak lain dan tak bukan adalah Facebook.

 Pada bulan ini, artinya Facebook telah genap berusia 20 tahun. Media sosial buatan Mark Zuckerberg itu saat ini telah berkembang pesat dengan pengguna aktif per bulan mencapai sekitar 3 miliar. Selama 20 tahun beroperasi, Facebook memiliki sejumlah fakta unik, yang beberapa di antaranya mungkin tak banyak orang tahu.

Salah satu fakta unik tentang Facebook itu, misalnya, dulu saat awal dirilis Facebook memiliki nama Thefacebook. Kemudian, fakta unik berikutnya adalah Facebook awalnya hanya terbatas digunakan di lingkup Universitas Harvard.

 Selain itu, masih terdapat beberapa fakta unik lain mengenai Facebook. Dalam perayaan perjalanan Facebook yang kini berusia 20 tahun, berikut KompasTekno sajikan beberapa fakta unik tentang media sosial yang identik dengan warna biru tersebut.

1. Dimulai dari FaceMash dan CourseMatch
 Pendiri dan bos Facebook, Mark Zuckerberg, merupakan mahasiswa ilmu komputer di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

 Setahun sebelum membuat Facebook, terdapat beberapa dua program yang dikembangkannya selama masa kuliah. Dua program itu adalah FaceMash dan CourseMatch. Dua program tersebut yang barangkali menjadi inspirasi lahirnya Facebook. FaceMash merupakan website yang mengajak mahasiswa Harvard menilai penampilan mahasiswi-mahasiswi.

FaceMash sempat viral di kampus, tetapi kemudian ditutup oleh pihak universitas hanya beberapa hari setelah dirilis karena dinilai melanggar privasi dan beberapa pelanggaran lain. Selanjutnya, Zuckerberg membuat CourseMatch. CourseMatch merupakan situs sederhana untuk membantu belajar mahasiswa di Universitas Harvard. Setiap mahasiswa bisa saling berbagi pengetahuan di CourseMatch untuk dipelajari bersama. Selain dua program itu, Zuckerberg juga mengerjakan sepuluh proyek lainnya saat berada di Universitas Harvard. Dari situ, ia berpikir bahwa dirinya perlu membuat program yang memungkinkan penggunanya saling berbagi.

 2. Dirilis di kamar asrama
 Sosok yang sering diasosiasikan dengan Facebook adalah Mark Zuckerberg. Namun, Zuckerberg sejatinya tak sendirian. Dalam mengembangkan Facebook, dia dibantu oleh empat teman sekamar asramanya, yaitu Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Kamar asrama Zuckerberg selama berkuliah di Universitas Harvard menjadi salah satu saksi sejarah lahirnya Facebook. Di kamar asrama itulah, Zuckerberg dan kawan-kawannya merilis Facebook untuk pertama kali pada 4 Februari 2004. 

3. Dikembangkan hanya dalam dua minggu
 Facebook tidak dikembangkan dalam waktu lama. Zuckerberg yang bertindak sebagai programmer konon hanya butuh dua minggu untuk menciptakan Facebook. Sebab, selain mahir dalam programming, dia sudah terbiasa membuat program serupa.

 4. Nama awal bukan Facebook
 Saat pertama kali dirilis, Facebook tidak memiliki nama seperti yang kita ketahui sekarang. Dulu, Facebook diberi nama “Thefacebook” yang beralamatkan di “www.thefacebook.com”. Nama ini terinspirasi dari direktori informasi dan foto mahasiswa Harvard dengan nama yang sama, yakni "face book".

5. Facebook awalnya hanya untuk mahasiswa Harvard 
Sebelum bisa digunakan oleh semua pengguna secara global, Facebook mulanya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Harvard. Hal itu terlihat dari tulisan di tampilan awal situs Thefacebook. Terdapat tulisan seperti ini, "Selamat datang di Thefacebook. Kami telah membuka Thefacebook untuk konsumsi populer di Universitas Harvard". Melalui Thefacebook, mahasiswa Harvard bisa melakukan beberapa hal, mulai dari menemukan orang di kampus, mencari tahu siapa saja teman Anda di kelas, hingga melihat visualisasi jaringan sosial pengguna.

6. Logo awal Facebook adalah siluet aktor Al Pacino
 Logo awal Facebook dirilis bukan seperti yang kita kenal sekarang juga, yakni terdapat huruf “f” dengan dinominasi warna putih dan biru. Saat awal dirilis, Thefacebook memiliki logo berupa siluet ktor sekaligus pembuat film asal AS, Alfredo James Pacino alias Al Pacino. Siluet Al Pacino yang jadi logo Thefacebook itu merupakan hasil comotan dari internet. Adapun pembuatnya adalah teman sekelas Zuck, Andrew McCollum.

 7. Dari dulu Facebook sudah identik dengan warna biru
 Warna biru sudah identik dengan Facebook, bahkan saat namanya masih Thefacebook. Usut punya usut, pemilihan warna biru tersebut ternyata berangkat dari kelainan yang dimiliki oleh pendirinya, Mark Zuckerberg. Zuckerberg dilaporkan memiliki kondisi buta warna hijau-merah (red-green color blindness). Dengan kondisi itu, Zuckerberg mengungkapkan bahwa biru adalah warna terbaik yang bisa dia lihat. "Biru adalah warna yang paling kaya bagi saya, saya bisa melihat semua warna biru," kata Zuckerberg dalam sebuah wawancara dengan reporter New Yorker, Jose Antonio Vargas, pada 2010 silam.

 8. Berkembang pesat 
Setelah pertama kali dirilis, perkembangan Facebook bisa dibilang sangat pesat. Facebook tak hanya dipakai di Universitas Harvard, tetapi mulai merambah kampus lain dan pada 2005, penggunaanya diperluas hingga pada perusahaan Apple dan Microsoft. Pada tahun 2005 ini pula, Zuck akhirnya menanggalkan kata "the" pada "Thefacebook". Jejaring sosial itu akhirnya berubah nama menjadi "Facebook" dengan domain facebook.com. Domain facebook.com dibeli senilai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,88 miliar. Pada Desember 2005, Facebook dilaporkan telah memiliki enam juta pengguna. Baru pada September 2006, layanan Facebook terbuka untuk seluruh orang yang berusia 13 tahun ke atas dengan e-mail yang valid. Jejaring sosial ini pun mulai mendunia. Setelah situs jejaring sosial ini diluncurkan dan mendulang popularitas di berbagai wilayah, Zuck memutuskan untuk berhenti dari kuliah pada tahun 2005. Tujuannya tak lain ialah untuk fokus mengembangkan Facebook.

 9. Investor pertama Facebook 
Hanya terpaut beberapa bulan setelah diluncurkan, tepatnya pada Juni 2004, Zuck dan kawan-kawannya memindahkan pusat operasi layanan Facebook ke kantor pertamanya di Palo Alto, California. Pada bulan yang sama saat pindah kantor, Facebook juga mendapatkan pendanaan pertamanya senilai 500.000 dollar AS (sekitar Rp 7,2 miliar). Investasi itu berasal dari salah satu pendiri perusahaan pembayaran elektronik PayPal, Peter Thiel. Seiring popularitas Facebook yang terus naik, Facebook memindahkan operasional layanannya dari satu kantor ke kantor lainnya yang lebih luas dan besar. Facebook tercatat pindah kantor sebanyak tiga kali sebelum akhirnya mendirikan kantor pusatnya di Silicon Valley atau tepatnya di jalan 1 Hacker Way, Menlo Park, California, AS pada akhir 2011.

 10. Gemar akuisisi 
Fakta berikutnya adalah Facebook gemar mengakuisisi beberapa platform media sosial ternama. Facebook melantai di bursa saham (IPO) pada 2012. Sejak itu, Facebook mampu bertransformasi menjadi platform jejaring sosial raksasa. Untuk mengembangkan bisnisnya, Facebook kerap kali mengakuisisi perusahaan-perusahaan teknologi lainnya. Facebook tercatat pernah mengakuisisi pengumpul feed jejaring sosial bernama FriendFeed pada 2009.
 Salah satu akuisisi paling populer yang pernah dilakukan Facebook ialah ketika mengambil alih Instagram pada 2012. Facebook membeli ejaring sosial berbagi foto tersebut senilai satu miliar dollar AS, sehingga menjadi akuisisi termahalnya ketika itu.

 Selain Instagram, akuisisi Facebook atas platform perpesanan instan WhatsApp juga menjadi akuisisi penting Facebook lainnya pada 2014 dengan nilai 22 miliar dollar AS. Pada 2021, induk perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp berganti nama menjadi Meta Inc. 

(dari sebelumnya Facebook Inc.). Dikutip dari macrotrends, Per 2 Februari 2024, Meta tercatat memiliksi total kapitalisasi mencapai 1220 miliar dollar AS. Itulah sederet fakta unik yang menemani perjalanan Facebook dari awal berdiri hingga sekarang. Selamat ulang tahun ke-20 Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/05/11000087/20-tahun-facebook-ini-10-fakta-unik-yang-jarang-diketahui?page=all

Popular Posts