Digitalisasi UMKM Berhasil Dongkrak Pendapatan Lebih dari Rp4 Miliar




 Peranan digitalisasi di segala bidang, terbukti mampu meningkatkan pendapatan UMKM hingga lebih dari Rp4 miliar.

Melihat peluang tersebut, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP).

Berlangsung sejak Februari 2023, program ini telah memfasilitasi 51 pengusaha muda berusia 18-35 tahun di Kota Padang.

Mereka berkesempatan mengasah kompetensi dalam manajemen bisnis, memperluas jangkauan pemasaran dengan digital, serta meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan personal dan bisnis.

Hasilnya, mereka mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga Rp4,26 miliar.

Kemudian, melayani lebih dari 44.000 transaksi penjualan hingga ke sejumlah wilayah di luar Kota Padang, dan menciptakan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan.

Business General Manager Sumatera Mandala Finance, Trisno Situmeang mengungkapkan rasa bangga dengan pencapaian bisnis para peserta program DEEP serta dampak ekonomi dan sosial yang mereka kontribusikan terhadap komunitas.

"Secara spesifik, pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur dan pemanfaatan digital yang dilakukan terbukti efektif meningkatkan kapasitas dan kinerja bisnis mereka," ujarnya.

Menurut dia, program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka untuk terus tumbuh menjadi tokoh muda pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat.

“Manajemen operasional dan finansial bisnis yang konvensional serta minimnya penguasaan teknologi digital menjadi faktor penghambat utama bagi para pelaku usaha mikro untuk dapat membuat bisnis mereka naik kelas," kata Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto.

Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP) merupakan bagian dari inisiatif “Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia”.

Program pemberdayaan masyarakat PT Mandala Multifinance Tbk yang baru diluncurkan 2023 lalu dan menyasar masyarakat di Kota Padang.

https://www.suara.com/tekno/2024/02/28/111620/digitalisasi-umkm-berhasil-dongkrak-pendapatan-lebih-dari-rp4-miliar

Popular Posts