Jadi Blogger di Era Sosial Media yang Semakin Terus ke Audio dan Visual, Masih Relevan Gak Sih?




 Setiap Punya Keinginan dan kecenderungan yang semakin mengkerucut, terlebih di era digital yang semakin terus menuntut kita harus adaptasi, sangat cepat, berbagai platform digital tanpa henti-hentinya bermunculan, dari game, video, audio, jualan, nah pada kesempatan kali ini, saya kembali mohon izin kepada kompasiana, dan para pembaca sekalian. 


Sesuai dengan Judul nya "Jadi Blogger di Era Sosial Media yang semakin terus ke audio dan visual, Masih Relevan gak sih?". mungkin pertanyaan ini sudah banyak yang mempertanyakan, serta jawaban yang tanpa hentinya, dari yang mengatakan "Hari gini masih nge-Blog?", "Emangnya masih jaman Era baca Tulisan mau pendek mau panjang?".


Saya pribadi pun sebenarnya masih bisa dikatakan tergolong pemula bahkan pasang surut di dunia Blogger, karena ya itu tadi saya sebisa mungkin adaptasi dengan platform digital yang semuanya sudah tersedia dalam satu genggaman yaitu Ponsel atau yang kita sebut (Smart Phone).

Jujur saya sendiri memulai membangun website atau blog saya yang isinya ada pendidikan, SEO, SMO, SEM, oh ya temen-temen pembaca juga kalau mau buat blog, saya bagikan tips nya dengan gaya bahasa yang ringan dan santai "Bikin Blog Gokil: Panduan Biar Blogmu Kece dan Keren!". semoga berguna dan bermanfaat, izin ya admin Kompasiana berbagi tips.


Lanjut ya dan saya sekali lagi jujur bangun website atau blog itu belum lama, dan juga belum bisa dikatakan untuk menambah penghasilan, karena kebijakan Google itu terus banyak perubahan. yah kalau ditanya kenapa gak memilih YouTube? karena kan gak sedikit yang membuat content SEO di Websitenya, juga menjadi YouTuber?


Hmmm saya belum  seberani para Suhu, para Master, para senior yang sudah malang melintang di dunia blogger, SEO, kemudian merambah juga ke dunia YouTube. iya memang si ada juga manfaatnya untuk website sendiri jika juga membuat YouTube.


Tetapi saya katakan lagi, saya masih belum banyak keberanian untuk merambah di dunia YouTube, bahkan TikTok, karena bagi saya memang butuh banyak waktu sekaligus rajin membuat content, sekaligus udah pasti belajar edit video.


Mungkin ada waktunya nanti saya akan merambah kesana dunia YouTube, jadi bagi temen-temen pembaca kalau di tanya jadi blogger di era sosial media, masih relevan apa gak? saya pribadi menjawab "ya masih dong". selagi budaya membaca itu terus hidup platform digital berbasis tulis menulis tentu akan terus relevan. seperti halnya Kompasiana ini.

https://www.kompasiana.com/gorbysaputra71844/65bdf8f1c57afb7ded097182/jadi-blogger-di-era-sosial-media-yang-semakin-terus-ke-audio-dan-visual-masih-relevan-gak-sih

Popular Posts