UB berada di posisi 12 Dunia Terbaik Sosial Media Versi UniRank




 Universitas Brawijaya (UB) berada di posisi ke-12 terbaik untuk Sosial Media Instagram versi lembaga UniRank berdasarkan hasil pemeringkatan pada tahun 2023.

Ketua UPT Reputasi Adharul Muttaqin, S.T., M.T.menjelaskan bahwa UniRank melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dengan berbasis pada traffic internet. Unirank ini merupakan transformasi nama dari yang sebelumnya dikenal sebagai 4ICU.
“Di Unirank ada rincian penggunaan sosial media perguruan-perguruan tinggi dunia, seperti Facebook, Youtube, dan juga Instagram,” jelasnya.

Metodologi yang digunakan oleh UniRank adalah mendasarkan data pada traffic internet, pengindeks website majestic dan most domain otority similar global rank.
Adharul menambahkan bahwa proses penghitungan yang dilakukan UniRank adalah dengan mendasarkan pada jumlah follower media sosial.

“Mereka meranking basis follower, semakin banyak follower semakin bagus rankingnya, pemeringkatan UniRank bisa dimanfaatkan untuk melihat profil follower UB, video-video apa atau konten apa yang punya engagement tinggi,” tambahnya.
Setelah mengetahui konten yang memiliki engagement tinggi, UB bisa memanfaatkannya untuk memberikan informasi menarik, pengetahuan sekaligus sebagai kontrol masyarakat. Di era digital sekarang ini, sosmed memegang peran penting karena anak-anak lebih banyak membaca berita di medsos daripada buku.

Sementara itu, UB dengan pengikut  433.271 berada di top ranking bersama Princeton University (405.994 pengikut); University of California, Los Angeles (386.304 pengikut); Institut Teknologi Bandung (381.156 pengikut); Universitas Padjadjaran (380.102 pengikut); University of Michigan (366.581 pengikut); Columbia University in the City of New York (350.822 pengikut); dan The Ohio State University (348.471 pengikut). (OKY/Humas UB).


Popular Posts