Media Sosial dan Dampak terhadap Kesehatan Mental: Eksplorasi Aspek Positif dan Negatif terhadap Pengguna




 Di era digital yang semakin terkoneksi dengan beragam hal, media sosial telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Seiring berkembangnya teknologi dan popularitas media sosial, muncul berbagai pertanyaan tentang dampak penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental

Dilansir dari helpguide.org, Senin (12/2), berhubung secara sosial dengan orang lain dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi, memberikan kenyamanan, kegembiraan, dan mencegah kesepian. 

Di sisi lain, kurangnya koneksi sosial yang kuat dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan mental dan emosional seseorang.

Oleh karena itu, untuk menjaga komunikasi kebanyakan orang saat ini mengandalkan platform media sosial untuk menemukan dan terhubung satu sama lain.

Meskipun setiap media sosial memiliki manfaatnya masing-masing, penting untuk diingat bahwa platform tersebut tidak akan bisa menggantikan hubungan antara manusia di dunia nyata.

Interaksi dan komunikasi dengan orang lain secara langsung, dapat memicu hormon yang membantu mengurangi stres, serta membuat seseorang merasa lebih bahagia, sehat, dan lebih positif

Ironisnya teknologi yang dirancang untuk mendekatkan orang-orang, menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan media sosial, justru dapat membuat seseorang merasa lebih kesepian dan terisolasi.

Hal tersebut tanpa disadari secara langsung, dapat memperburuk masalah kesehatan mental yang muncul seperti kecemasan dan depresi.

https://www.jawapos.com/lifestyle/014149824/media-sosial-dan-dampak-terhadap-kesehatan-mental-eksplorasi-aspek-positif-dan-negatif-terhadap-pengguna

Popular Posts