Sekarang Mengarah ke Cohort Based Learning




 Tidak terasa, selama pandemi kita sangat terbiasa untuk menggunakan berbagai platform untuk belajar secara online.

Tidak hanya dengan platform MOOC (Massive Online Open Courses), dan banyak perusahaan , instansi dan tentunya sekolah dan kampus menggunakan MOOC untuk memudahkan karyawan / siswa belajar secara mandiri, melalui platform online.

Masih segar dalam ingatan saya, berbagai proyek dulu di kampus, menggunakan platform Moodle, juga eDX.

Sekarang selain MOOC, kita juga terbiasa belajar dari platform marketplace secara online, seperti Udemy.

Dan juga sebagian perusahaan, instansi merasa, mereka perlu memiliki platform sendiri, sehingga banyak menggunakan berbagai platform LMS.

Lalu sekarang berkembang Cohort Based Learning.

Cohort-based learning secara umum mengutamakan pembelajaran terapan. Ini bisa mencakup berbagai bentuk, mulai dari studi kasus hingga tugas kelompok yang mendorong peserta untuk mengaplikasikan konsep yang dipelajari dalam situasi dunia nyata.


Apa yang menjadi fokus elemen dalam Cohort Based Learning (CBL)

  1. Learning - dimana terjadi transfer knowledge
  2. Reflection - identifikasi, evaluasi dan mendiskusikan asumsi melalui berbagai kesempatan dialog dan diskusi.
  3. Action - belajar dari aksi atas penyelesaian masalah.

Yang menarik dengan CBL ini, maka MOOC diberikan kamampuan tambahan, dimana bahan tidak hanya dipelajari, tapi juga dikembangkan, didiskusikan dan ada studi kasus. Peran guru / dosen tidak hanya jadi pengajar, tapi memancing diskusi aktif dalam kelas-kelas diskusi atas materi. Dan siswa / student lah menjadi pusatnya, mereka akan saling berbagi dan berdiskusi atas bahan.

Selain itu mereka juga harus mengerjakan tugas yang ada, sehingga semua tugas selesai dan didiskusikan lagi.

Ini semua kami lakukan dengan platform MAYAR yang menyediakan kemampuan Cohort / Bootcamp ini. Mungkin satu-satunya yang cocok untuk model bisnis kami sebagai penyedia B2B & IT Skills.

Bagaimana peluang platform sejenis di market? Sangat besar. Selain Online learning, LMS, Mobile e-Learning, Rapid e-Learning, Virtual Classroom, CBL memiliki peranan baru di tataran ini.


Demikian juga dengan perusahaan / instansi, yang selama ini mengembangkan Learning and Development, perkembangannya terus meningkat.


Dan potensi besar juga ada di market Asia Pacific, dimana Indonesia berada.

Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan kelas-kelas dari EVENTCERDAS, karena kami sekarang mulai menggunakan konsep Cohort Based Learning ini.


Dan kelas terdekat kami, sudah mulai melalukan pendekatan ini, gabung kelas terdekat B2B SALES - 6 Maret 2024.


Daftar segera di: https://eventcerdas.mayar.link/bootcamp/b2b-sales

Kami tunggu anda mengikuti kelas kami.

Narasumber: https://linkedin.com/pulse/sekarang-mengarah-ke-cohort-based-learning-fanky-christian-imlsc?utm_source=share&utm_medium=member_android&utm_campaign=share_via


Popular Posts