Telkomsel Tawarkan Produk Enterprise Gen AI dari Google Cloud




 Telkomsel  berkolaborasi dengan Google Cloud untuk mengintegrasikan Generative AI (Gen AI) tingkat enterprise ke dalam operasional bagi konsumen dan bisnis. Langkah ini memperluas pemanfaatan berkelanjutan advertising tools yang didukung AI dari Google, seperti Performance Max, dengan tujuan transformasi interaksi perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng, mengatakan, guna menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia, Telkomsel berkomitmen mendukung operasional perusahaan, serta menghadirkan personalisasi dan kenyamanan pengalaman digital pelanggan yang ditingkatkan di segmen B2C, B2B, hingga B2B2C.

"Telkomsel berharap dapat membuka lebih banyak peluang akselerasi pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital Indonesia melalui upaya integrasi dengan kapabilitas Gen AI dari Google Cloud yang canggih dan aman, sekaligus melanjutkan kolaborasi di berbagai platform seperti Google Ads, Android, YouTube, dan lainnya," ungkap dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (28/2/2024).

Dia menjelaskan dengan dukungan PT Metrodata Electronics, Tbk selaku mitra Google Cloud, Telkomsel meningkatkan pengalaman internal perusahaan dengan Gen AI. Dalam hal ini Telkomsel memanfaatkan platform Vertex AI dari Google Cloud dan model Gen AI untuk membangun agen percakapan Gen AI yang terintegrasi ke dalam aplikasi MOANA (Mobile Office Application and Automation) sebagai pusat operasional ketenagakerjaan bagi lebih dari 6.000 karyawan.

Adapun agen percakapan ini akan membantu karyawan dalam mencari dan mengakses berita internal, kebijakan perusahaan, permintaan cuti, dan berbagai layanan operasional kantor lainnya. Sehingga meningkatkan produktivitas dan memungkinkan fokus pada pengembangan bakat dan budaya kerja.

Selain itu, Telkomsel berupaya meningkatkan kapabilitas perencanaan jaringan, pengembangan produk, dan tim penjualan dengan transformasi operasi jaringan. Peningkatan ini juga didukung Gen AI dari Google Cloud untuk menganalisis data dari menara seluler dan sistem fiber optic dalam memberikan rekomendasi dalam bahasa natural.

"Solusi ini kemudian dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi dengan kesenjangan konektivitas untuk ekspansi infrastruktur jaringan di masa depan dan merancang penawaran Fixed Mobile Convergence (FMC) sesuai dengan segmen dan kebutuhan pelanggan," terang Derrick.

Lebih lanjut, Telkomsel juga mengintegrasikan basis data perusahaannya yang disimpan di Google Cloud BigQuery dan Datastore dengan Vertex AI Search untuk mempercepat pencarian solusi bagi pengguna aplikasi MyTelkomsel dan myEnterprise dengan asisten pencarian Gen AI. Vertex AI Search mampu menawarkan penyelesaian otomatisasi intuitif, pemahaman bahasa natural, dan hasil pencarian yang disesuaikan dengan pola penggunaan individu.

"Dengan mengubah pencarian kata kunci yang kaku menjadi eksplorasi percakapan secara cepat bersama mitra Google Cloud Devoteam, pengguna mendapatkan kontrol lebih besar dan menghemat waktu dalam menavigasi aplikasi. Sehingga kebutuhan atau masalah umum yang mereka temui dapat disolusikan dengan cepat dan tepat," ujar dia.

Di samping itu, asisten pencarian klien korporat di myEnterprise dalam bentuk intelligent helpdesk pun memungkinkan pengguna mengelola akun secara proaktif dan membuat keputusan lebih cepat. Bersama Metrodata, Telkomsel berupaya membuka peluang penentuan paket telko digital bagi tenaga kerja, penghematan biaya operasional, perbandingan opsi produk secara instan, hingga pemecahan masalah koneksi yang lebih efisien bagi pelanggan B2B.

"Dengan pemanfaatan infrastruktur Google Cloud dan model Gemini di Vertex AI, Telkomsel juga tengah mengembangkan sistem manajemen konten baru untuk layanan RCS Business Messaging (RBM). Terintegrasi ke layanan MyAds Telkomsel, sistem ini memungkinkan klien korporat menggantikan pemasaran SMS berbasis teks tradisional dengan percakapan interaktif Rich Communication Services (RCS) yang didukung oleh konten teks, gambar, audio, dan video," tambah Derrick.

Managing Director, Southeast Asia, Google Cloud Mark Micallef mengatakan, Telkomsel bergerak dengan cepat untuk membuat Gen AI tingkat enterprise dapat diakses dan berguna bagi perusahaan dan pelanggan.

"Ini meningkatkan produktivitas, personalisasi, dan pertumbuhan top line dengan memungkinkan orang memahami informasi dan menemukan solusi untuk masalah dengan cara yang sangat intuitif. Kami senang dapat terus berkolaborasi dengan Telkomsel untuk meluncurkan inovasi Gen AI bagi pelanggannya di berbagai segmen, dan menjelajahi lebih banyak cara menerapkan teknologi ini dan dampaknya di dunia nyata," papar dia.

Sebagai informasi, kerja sama Telkomsel dan Google Cloud di Gen AI melengkapi kolaborasi dengan tim produk Google lainnya untuk meningkatkan penawaran FMC melalui IndiHome dengan Set Top Box (STB) Android TV, memperluas jangkauan penawaran melalui personalized ads di Android TV, dan meningkatkan beragam penawaran gaya hidup digital yang tersedia melalui MyTelkomsel, seperti Paket Bundling Telkomsel dan Google Play Pass atau YouTube Premium untuk konsumen dengan kenyamanan carrier-billing.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240228112207-37-518236/telkomsel-tawarkan-produk-enterprise-gen-ai-dari-google-cloud

Popular Posts