5 Tren 'Digital Marketing' yang Perlu UMKM Ketahui


Hal penting yang wajib diketahui oleh UMKM terkait digital marketing (Pixabay)

Digital marketing atau pemasaran digital semakin berperan penting bagi pelaku usaha, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka kita juga harus mengikuti tren digital marketing. Tujuannya, yaitu agar bisnis semakin dikenal oleh banyak orang yang menjadi target konsumen.

Seperti namanya, digital marketing adalah upaya memasarkan produk atau layanan secara digital. Seorang digital marketer harus berkarakter lincah, mampu beradaptasi dengan baik, karena banyak juga kompetitor yang menggunakan digital marketing sebagai media untuk memasarkan produk.

Selain itu, Anda juga dihadapkan dengan tren pemasaran yang terus berubah sepanjang tahun. Oleh karena itu, kalian pelaku digital marketing harus terus memperbarui kemampuan kalian.

Nah, berikut 5 tren digital marketing yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM

1. Membuat konten menarik
Untuk menarik pelanggan, kalian bisa membuat konten menarik di akun sosial media jualan kalian. Misalnya membuat video pendek, karena tidak semua orang senang membaca. Maka dari itu pebisnis dan marketer harus mencari ide atau strategi marketing lain selain membuat konten berupa artikel.

Kalian dapat membuat konten video TikTok sebagai lahan promosi, karena kemunculan Tiktok saat ini mengubah marketing dunia. Kini promosi dengan menggunakan video klip pendek (antara 1-5 menit) menjadi tren baru yang disukai para audiens.

2. Kerja sama dengan influencer
Selain membuat konten video, kalian dapat melakukan kerja sama dengan influencer. Dengan itu tokoh-tokoh terkenal di Indonesia membantu kalian dalam mempromosikan produk dan atau jasa kalian agar lebih dikenal masyarakat luas.

Baca Juga: Syarat Baru Calon Penumpang KAI 2022, Tes PCR Tidak Perlu bagi yang Sudah Divaksin Booster

3. Menjual via media sosial
Saat ini setiap platform media sosial berupaya untuk memudahkan pengguna melakukan pembelian langsung untuk produk yang sedang mereka lihat. Misalnya saat ini Instagram sudah menyediakan fitur belanja, untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan jual beli.

Oleh karena itu belanja di media sosial diperkirakan akan menjadi tren yang berkembang pesat.

4. Live Streaming
Saat ini banyak marketer yang melakukan promosi produknya melalu live streaming. Misalnya saat ini banyak dijumpai di platform TikTok. Hal ini juga membuktikan bahwa live streaming shopping kini menjadi tren digital marketing yang harus kalian coba.

5. Chatbot
Sebagai pebisnis, layanan pelanggan atau customer sevice menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh marketer. Saat ini pelanggan selalu ingin mendapatkan respon yang cepat karena semakin merasa dimudahkan dalam mengakses apapun.

Nah chatbot bisa menjadi solusi bagi bisnis yang ingin memberikan respon cepat kepada setiap pelanggannya. Chatbot juga menjadi salah satu tren digital marketing di tahun ini.

Nah, demikian 5 tren digital marketing yang wajib kalian coba agar produk kalian lebih di kenal masyarakat luas. (Dania Fajar Raisty/ Magang AyoSemarang).

Sumber : https://www.ayosemarang.com/bisnis/pr-773166399/5-tren-digital-marketing-yang-perlu-umkm-ketahui?page=2

Popular Posts