Akun TikTok Prajurit Kodam IM Dicatut Pasang Emoji Dua Jari, Ini Penjelasan Kapendam




 SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebuah akun TikTok atas nama @teukuaditya5 menjadi viral di jejaring maya pada Kamis (18/1/2024).

Akun ini 'diserbu' pengguna akun lainnya usai memosting foto Serda Teuku Aditya Maulida Putra, Prajurit Kodam IM dari Satuan Yonkav 11/MSC Kodam Iskandar Muda, dengan emoji dua jari.

Selain itu, postingan itu juga menggunakan backsound lagu "sory ye", sehingga menimbulkan persepsi, adanya dukungan terhadap salah satu Paslon Pilpres, dan menimbulkan persepsi TNI tidak netral.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Irhamni Zainal, S.I.P, M.Si dengan tegas mengatakan bahwa akun tersebut merupakan akun fake (palsu) dan menegaskan bahwa akun itu bukan akun Serda Teuku Aditya Maulida Putra, Prajurit Kodam IM dari Satuan Yonkav 11/MSC Kodam Iskandar Muda.

"Kami pihak Kodam Iskandar Muda memastikan bahwa video dalam akun tiktok @teukuaditya5, yang memuat video dengan backsound sory ye adalah bukan akun pribadi milik Serda Teuku Aditya Maulida Putra," kata Kapendam IM, Jumat (19/1/2024).



Atas temuan tersebut, Sandi Siber Kodam IM sudah melakukan langkah-langkah melaksankan investigasi dan penelusuran.

Dari penyelidikan itu, Kapendam membenarkan adanya akun "fake" (palsu) yang menggunakan gambar dan video dari Serda Teuku Aditya Maulida Putra, Ba Yonkav 11/MSC Kodam Iskandar Muda tersebut.

"Dari akun tersebut bahwa ternyata akun Tiktok @Teukuaditya5, yang merupakan akun palsu, bukan akun milik Serda Teuku Aditya Maulida Putra," tegas Kapendam IM.

Kependam juga menyebutkan, bahwa Pangdam Iskandar Muda, sejak awal, telah memerintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam Iskandar Muda, untuk mengangkat teguh Netralitas TNI pada Pemilu 2024.



Disebutkan juga, beberapa langkah telah dilakukan dengan membagikan buku saku Netralitas TNI kepada seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda.

"Selanjutnya melalui surat edaran resmi, Pangdam Iskandar Muda juga telah memberikan arahan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam Iskandar Muda untuk selalu memegang teguh arahan Panglima TNI dan Kasad tentang netralitas TNI," demikian Kapendam IM.(*)



https://aceh.tribunnews.com/2024/01/19/akun-tiktok-prajurit-kodam-im-dicatut-pasang-emoji-dua-jari-ini-penjelasan-kapendam

Popular Posts