Bos GOTO Buka-bukaan Alasan Tokopedia Dilepas ke TikTok




 Alasan penjualan saham Tokopedia ke induk usaha TikTok, ByteDance terkuak. Hal itu dilakukan karena Tokopedia dihadapkan pilihan antara bertahan hidup atau mati, alias di ujung tanduk.

CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Walujo menerangkan, keputusan penjualan 75% saham Tokopedia ke ByteDance adalah pilihan yang harus diambil untuk bertahan.

"Banyak orang yang tidak paham apa yang saya hadapi ketika itu. Itu adalah pilihan antara bertahan hidup atau mati. Memang kematiannya bakal perlahan tetapi pasti," katanya dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (26/1/2024).

Ia meyakini, keputusan itu tepat meski banyak yang melontarkan kritik, baik menyangkut porsi maupun nilai kesepakatan yang rendah.

"Orang bilang kenapa kamu mau memberikan 75% saham untuk uang hanya segini, banyak kritik soal kesepakatan tersebut," kata Patrick.

Kondisi ini membuat Patrick memilih untuk mendorong kemitraan antara Tokopedia dengan TikTok dan memperkuat posisi sebagai platform e-commerce nomor satu.

ByteDance menanamkan modal senilai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,38 triliun di Tokopedia. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama 2024.

Aksi korporasi tersebut membuat bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia dengan TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7162117/bos-goto-buka-bukaan-alasan-tokopedia-dilepas-ke-tiktok

Popular Posts