Bagaimana Media Sosial Merubah Cara Kita Berbelanja?



Banyak pebisnis yang memanfaatkan sosial media untuk mempengaruhi perilaku konsumen sehingga meningkatkan omset usahanya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan munculnya trend sosial media turut mengubah cara konsumen berinteraksi dengan merek, produk, dan informasi. 

Saat ini sosial media dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Platform-platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Twitter, dan lainnya telah mengubah cara masyarakat berinteraksi, berbagi informasi, dan memilih konten. Selain itu pengaruh utama sosial media adalah mempengaruhi keputusan pembeli terhadap suatu barang atau kebutuhan dengan membentuk persepsi tentang produk. 

Beberapa cara sosial media mempengaruhi perilaku konsumen antara lain sebagai berikut: 

Ulasan dan Rekomendasi Pengguna 

Ketika hendak membeli sebuah produk atau layanan, pada umumnya orang akan mencari ulasan dan rekomendasi dari pengguna yang sudah mencobanya. Bisa dikatakan kedua unsur yang dapat ditemukan pada sosial media inilah yang memiliki dampak besar terhadap keputusan pembeli. Konsumen yakin untuk membeli produk atau menggunakan jasa sebuah layanan jika mendapatkan banyak ulasan positif dan rekomendasi dari pengguna lain. 

Pengaruh dari Influencer 

Selanjutnya yang tidak kalah berpengaruh terhadap keputusan konsumen adalah pengaruh dari para influencer. Mereka seringkali menjadi rujukan para konsumen ketika membutuhkan sebuah produk atau layanan. Ketika seorang influencer mengulas produk atau layanan pada sebuah konten, maka para konsumen biasanya mulai mempertimbangkannya. Kemudian akan menggunakannya saat membutuhkan, bahkan bisa jadi konsumen terinspirasi dari gaya hidup influencer dan ingin mencobanya. 

Munculnya Brand Di Sosial Media 

Seringkali konsumen melihat kepercayaan dan keaslian sebuah brand dengan melihat kemunculannya pada sosial media. Brand yang aktif mengupload konten atau iklannya sering muncul akan mempengaruhi audiens yang melihatnya. Demikian juga yang aktif berinteraksi dengan penggunanya di sosial media melalui akun yang terverifikasi akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Meningkatnya kepercayaan konsumen juga akan meningkatkan tingkat konsumsi mereka karena biasanya cenderung memilih brand yang terpercaya. 

Menggunakan Iklan Berbayar 

Salah satu hal yang mempengaruhi keputusan pembeli adalah iklan berbayar yang muncul di sosial media. Saat para pengguna sosial media melihat iklan yang terus menerus tampil di beranda akunnya, biasanya menjadi tertarik untuk mencari informasinya. Setelah membaca dan melihat informasi melalui berbagai macam konten baik video, ulasan maupun captionnya maka bukan tidak mungkin akan membelinya. Agar dapat mencapai audiens yang tepat dan dapat meningkatkan animo konsumen maka iklan harus dibuat dengan baik dan tepat. 

Konten Visual 

Salah satu potensi di sosial media yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian tentu saja adalah konten visual yang menarik perhatian. Menampilkan gambar produk yang menarik atau video unboxing dapat memunculkan ketertarikan visual pengguna sosial media. Ilmu membuat konten visual yang tepat sasaran diajarkan kepada mahasiswa Telkom University sebagai bekal di dunia kerja setelah lulus nanti. 

Kelompok Referensi 

Pada perkembangannya terdapat beberapa kelompok atau komunitas yang mempunyai minat yang sama dalam satu grup. Konsumen yang tergabung dalam komunitas tersebut akan tertarik ketika anggota dalam kelompok tersebut merekomendasikan produk barang atau jasa tertentu. Anggota komunitas biasanya tertarik mencoba karena mengikuti tren tersebut karena tidak ingin disebut ketinggalan jaman. 

Promosi dan Diskon 

Seringkali sebuah brand atau produk jasa menawarkan promosi dan diskon pada konten sosial media yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen. Penawaran khusus atau diskon spesial pengaruhnya sangat besar dalam menggoda konsumen yang melihatnya di media sosial. Sehingga para calon pembeli ini akan terdorong untuk segera membeli produk tersebut sebelum kehabisan. 

Penggunaan sosial media dalam mempengaruhi perilaku konsumen telah membawa transformasi yang signifikan dalam dunia bisnis. Dari ulasan pengguna hingga pengaruh influencer, setiap aspek di platform sosial memiliki kekuatan untuk membentuk keputusan pembelian. Keaslian merek, interaksi aktif, dan promosi khusus di media sosial menjadi fondasi kuat yang mengubah cara konsumen memandang dan memilih produk. Ketika konten visual yang menarik dan rekomendasi dari kelompok sebaya juga berperan, tercipta lingkungan di mana konsumen merespon dengan lebih aktif terhadap promosi dan diskon yang ditawarkan. Di tengah perubahan ini, kunci utamanya tetap pada kesadaran etis dalam penggunaan sosial media untuk memastikan pengaruhnya membawa manfaat positif bagi konsumen dan bisnis secara 

https://dmm.telkomuniversity.ac.id/bagaimana-media-sosial-merubah-cara-kita-berbelanja/

 

Popular Posts