Era Baru UMKM dan Inovasi Teknologi Sebagai Mesin Penggerak Bisnis




 SAMARINDA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal tidak hanya menjadi sebuah label, tetapi aktor utama dalam gebrakan inovasi teknologi dalam dunia bisnis. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi (Diskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal menyebut inovasi teknologi menjadi pionir dalam membagikan wawasan mengenai era baru ini.

Ia menjelaskan, pandemi Covid-19 menjadi katalisator bagi percepatan digitalisasi industri yang memaksa para pelaku UMKM untuk merangkul inovasi teknologi, terutama melalui digital marketing sebagai strategi pemasaran produk.

"Meskipun pola digitalisasi bertahan pasca-pandemi, tantangan muncul ketika beberapa UMKM lokal kesulitan mengadopsi skema digital marketing," katanya.

Faisal menggambarkan seleksi alam pasca Covid-19 sebagai ujian bagi UMKM yang telah menerapkan inovasi teknologi. Beberapa sukses, sementara yang lain menghadapi kendala, bahkan terhenti. 

Namun, ia tetap mendorong para pelaku UMKM untuk melihatnya sebagai tantangan inspiratif. "Inovasi teknologi dalam digitalisasi industri bisa dipelajari selama ada kemauan," kata Faisal, sapaannya.

Ia menyoroti manfaat kehadiran inovasi teknologi, dengan memberikan contoh berbagai aplikasi pendukung digital marketing dan peran kunci media sosial (medsos) sebagai platform unggulan dalam digitalisasi industri.

Terakhir, Faisal memotivasi pelaku UMKM lokal untuk terus memeluk semangat dalam memanfaatkan digital marketing sebagai kunci pengembangan usaha yang tidak terbatas, membuka babak baru dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan.

https://pusaranmedia.com/read/25960/era-baru-umkm-dan-inovasi-teknologi-sebagai-mesin-penggerak-bisnis


Popular Posts