Terima Pesan Ini dari Google?Jangan Diabaikan Kalau Tak Mau Kena Bahaya




 Jakarta - Google akan memberikan peringatan pop-up jika Anda terancam jadi korban kejahatan siber. Jangan diabaikan kalau terima salah satu pesannya. Setidaknya ada lima peringatan yang akan muncul di Google Chrome untuk HP maupun komputer.

"Anda akan melihat peringatan jika konten yang Anda coba lihat itu berbahaya atau menipu. Situs-situs itu sering disebut dengan 'phishing' atau situs 'malware'," jelas Google.

Situs seperti itu adalah jebakan dari penjahat serangan siber. Kadang, tampilan situs bisa menipu di mana halamannya kelihatan normal-normal saja. Tapi, begitu mereka berhasil mendapatkan informasi untuk melancarkan aksi penipuan, Anda harus waspada. Mereka akan pandai-pandai dalam memancing Anda untuk mengeluarkan informasi pribadi yang bisa dijual atau dipakai guna menguras rekening Anda.

Hal lain yang harus dicatat adalah jangan mengunduh sembarangan aplikasi maupun software. Bisa jadi itu berisi virus atau sesuatu yang berbahaya.

Kembali soal peringatan, Google secara otomatis akan memperingatkan ketika Anda membuka situs berbahaya.

"Deteksi phishing dan malware itu dinyalakan secara otomatis. Ketika itu menyala, Anda akan mendapatkan pesan-pesan berikut. Jika Anda melihat salah satu pesan ini, kami merekomendasikan untuk mengunjungi situs tersebut," ujar Google.

Melansir The Sun, lima peringatan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. 'The site ahead contains malware': situs yang Anda kunjungi mungkin akan menginstall software berbahaya alias malware ke komputer
2. 'Deceptive site ahead': situs yang Anda kunjungi kemungkinan besar adalah phishing
3. Suspicious site: situs yang Anda kunjungi mencurigakan dan kemungkinan berbahaya
4. 'The site ahead contains harmful programs': situs yang Anda kunjungi mungkin akan menjebak Anda menginstall program yang bisa menyebabkan masalah ketika berseluncur di internet
5. 'This page is trying to load scripts from unauthenticated sources': situs yang Anda kunjungi berbahaya.

https://inet.detik.com/security/d-7143674/terima-pesan-ini-dari-google-jangan-diabaikan-kalau-tak-mau-kena-bahaya

Popular Posts