Sandiaga Uno Sebut Transaksi B2B Indonesia di TRAVEX 2024 Tembus Rp 41 Miliar




 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, nilai transaksi business to business (B2B) di booth Wonderful Indonesia selama TRAVEX (Travel Exchange) 2024 menembus Rp 41 miliar. Angka tersebut melebihi target pemerintah Rp 22 miliar.

"Alhamdulillah. Awalnya tidak terlalu memiliki ekspektasi yang tinggi, tetapi ternyata hasilnya optimal dan melebihi target hingga hampir dua kali lipat,” ungkap Sandiaga dalam keterangan pers yang diterima Harian Disway, Jumat, 26 Januari 2024.

Anda sudah tahu, TRAVEX merupakan bagian dari ATF (ASEAN Tourism Forum) 2024. Sebuah event pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin digelar setiap tahun. Tahun ini digelar di Lao ITECC Exhibition Center, Laos dan berlangsung 24-26 Januari 2024.

TRAVEX dan ATF menjadi forum B2B bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN. Seperti ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE.

Menurut Sandiaga Uno, partisipasi Indonesia dalam rangkaian penyelenggaraan ATF menjadi momentum penting untuk memajukan industri pariwisata tanah air. Tahun ini, Kemenparekraf membawa 13 perwakilan dari tour operator/travel agent, untuk berpartisipasi dalam TRAVEX 2024.

Borobudur menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dipilih sebagai tema utama booth Wonderful Indonesia. Selain itu, Desa Wisata Candirejo juga sebagai destinasi utama yang ditawarkan kepada para buyers.

"Jadi kita bawa berita baik ini pulang ke Indonesia, untuk terus menyemangati agar target 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini bisa bukan hanya kita capai, tetapi kita lampaui dengan signifikan," lanjutnya.

Sementara itu, TRAVEX 2024 diproyeksi akan dihadiri 700 hingga 1.000 pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk investor. Menparekraf Sandiaga menyebut antusiasme dari para seller dan buyer luar biasa. Menghadirkan produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik.

"Total raihan telah semua terbukukan dengan transaksi sebesar 41 miliar rupiah lebih dan 19.713 pax pesanan sudah tercapai. Kami sangat bersyukur bahwa capaian Indonesia di ATF 2024 dan TRAVEX sukses," tandas Sandiaga.

Popular Posts