Intip Apa Saja Anak Perusahaan Alibaba di Indonesia






  Anak perusahaan Alibaba di Indonesia menarik diketahui. Alibaba merupakan platform jual-beli internasional yang khusus melayani transaksi antara bisnis dengan bisnis (B2B) asal China yang didirikan oleh Jack Ma dan rekan sejawatnya.

Di usia 33 tahun, Jack Ma membeli komputer pertamanya. Bukan dengan bekal latar belakang dan wawasan mumpuni di dunia teknologi Jack Ma memulai langkah mendirikan Alibaba. Saat merintis Alibaba, Jack Ma memulai dengan uang senilai USD 60 ribu. Pada September 2019, Jack Ma mundur dari Alibaba, perusahaan yang ia dirikan pada 1999. 

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (18/1/2024), IDX Channel telah merangkum anak perusahaan Alibaba di Indonesia, sebagai berikut.

Anak Perusahaan Alibaba di Indonesia

1. Lazada

Perusahaan Alibaba juga ada di Indonesia. Lazada yaitu platform e-commerce yang familiar bagi kamu saat ini, sebenarnya merupakan perusahaan e-commerce yang diakuisisi oleh Alibaba Group pada April 2016 dengan harga USD 1 miliar. Saat ini, Lazada telah berkembang pesat dan beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang dibidik Alibaba untuk mengembangkan sayap mereka di tanah air. Pada 17 Agustus 2017, Tokopedia mengumumkan perolehan investasi senilai USD 1,1 miliar atau setara Rp14 triliun.

Babak investasi itu dipimpin Grup Alibaba dan menjadikan Alibaba sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia. Kerjasama ini diyakini mempermudah para penjual dan para mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya ke seluruh daerah di Indonesia.

3. J&T Express

Pergerakan bisnis Ma kali ini menyasar perusahaan logistik J&T Express, pada 9 Mei 2017, Alibaba dan J&T Express melakukan kerjasama menghasilkan anak perusahaan J&T Alibaba. Namun, J&T Express hanya menjadi rekanan Alibaba bukan sebagai mitra logistik. J&T Alibaba fokus terhadap UKM furniture, pertanian, makanan, minuman, serta barang kerajinan tangan.

4. Ant Financial

Pada November 2016 lalu, Ant Financial sempat memberikan pendanaan kepada perusahaan Ascend Money yang merupakan induk perusahaan dari layanan uang elektronik True Money. True Money sendiri telah hadir di Indonesia sejak September 2015 usai mengakuisisi pemilik lisensi e-money di Indonesia, Witami Tunai Mandiri.

Selain itu, Ada PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) yang sempat mengumumkan kemitraan strategis dengan Ant Financial Services Group. Kedua perusahaan tersebut mendirikan usaha patungan dengan meluncurkan platform elektronik baru untuk jasa pembayaran dan keuangan lainnya. 

Itulah informasi terkait anak perusahaan Alibaba di Indonesia yang benar yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

https://www.idxchannel.com/technology/intip-apa-saja-anak-perusahaan-alibaba-di-indonesia

Popular Posts