Dampingi UMKM Desa Kalikatir, Promosikan Produk Lewat Marketplace di Facebook


Kegiatan KKN Mahasiswa Untag Surabaya

Mojokerto, Bhirawa
Potensi UMKM di Desa Kalikatir Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto menjadi perhatian mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) yang tengah melakukan pengabdian masyarakat berupa kuliah kerja nyata (KKN). Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya yang tergabung dalam kelompok R-15, Dewi Fortuna menjelaskan Desa Kalikatir punya potensi di sektor pertanian, sektor perkebunan, dan sektor peternakan. Dari potensi yang dimiliki tersebut, beberapa masyarakat mendirikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Salah satu UMKM yang dikembangkan dari hasil perkebunan adalah dengan membuka usaha keripik pisang,” jelas Dewi.

Melihat potensi tersebut lanjut Dewi, pihaknya bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Achmad Yanu Alif Fianto, S.T.,MBA menyusun program kerja berupa pendampingan dalam mempromosikan produk UMKM Desa Kalikatir Melalui Marketplace di Facebook untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (5/7) tersebut menghadirkan pemilik UMKM desa Kalikatir dengan mengundang narasumber IGN Andhika Mahendra, S.E., MM yang membawakan materi “Social Media Marketing”. Dalam paparannya, Andhika menjelaskan Sosial media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau jasa.

“Saat ini media sosial merupakan media yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain sebagai tempat mencari informasi atau hanya sekedar eksistensi diri, media sosial juga banyak memberikan dampak positif. Salah satu dampaknya adalah sebagai media untuk mempromosikan produk/jasa,” jelas Andhika.

Lebih lanjut menurut Andhika, salah satu jenis media sosial yang digunakan dalam pendampingan kegiatan ini adalah facebook. Facebook merupakan layanan jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dengan seluruh pengguna lainnya. Selain itu, aplikasi facebook juga memiliki fitur marketplace. Fitur tersebut merupakan fitur yang menyediakan tempat berjualan dan membeli secara online.

“Berjualan secara online dapat dilakukan dimanapun dan kapan saja tanpa perlu biaya yang terlalu mahal,” jelas Andhika lagi.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Untag Surabaya merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dalam KKN semester ini diikuti sebanyak 1.124 mahasiswa yang tersebar di 5 kecamatan dan terbagi lagi dalam 35 desa. Dalam KKN yang berlangsung 3 – 14 Juli tersebut, para mahasiswa Menyusun program kerja sesuai dengan potensi da kebutuhan desa setempat.

Sumber:https://www.harianbhirawa.co.id/dampingi-umkm-desa-kalikatir-promosikan-produk-lewat-marketplace-di-facebook/

Popular Posts