NTB Mall Ekspansi Bisnis Ke Malaysia


Setelah mengembangkan outletnya di Jakarta, NTB Mall, UPTD Dinas Perdagangan Provinsi NTB melebarkan sayap bisnisnya hingga ke luar negeri. Dalam waktu dekat, NTB Mall akan hadir di negara tetangga, Malaysia.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti, Atase Perdagangan KBRI Malaysia, Deden Muhammad Fajar Shiddiq, dan CEO Strand Mall Malaysia menyaksikan penandatanganan kerjasama antara CEO NTB Mall, Indah Purwanti dengan Founder Futurist Foundation & Nusantara Fashion House, Sheikh Faleigh bin Sheikh Mansor.

MoU digelar di Pendopo Gubernur NTB, Sabtu, 8 Juli 2023 terkait pengembangan jaringan pasar NTB Mall di Kuala Lumpur. Perjanjian kerjasama ini berlangsung hingga dua tahun kedepan.

Perjanjian kerjasama antara antara NTB dengan Malaysia ini merupakan tindak lanjut promosi  kunjungan kerja ke luar negeri Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama rombongan terkait ke Malaysia 2 bulan lalu untuk bertemu dengan PMI asal NTB di Malaysia, dan penjajakan peluang bisnis dengan stakeholders di Malaysia.

Selain itu, kunjungan ke Malaysia beberapa waktu lalu, berkaitan dengan promosi Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) yang digelar tanggal 6-9 Juli 2023.

“Kerjasama ini adalah buah dari promosi LIMOFF juga ke Malaysia. Gayung bersambut, para desainer dan pengusaha dari Malaysia datang berkunjung juga ke NTB Mall, sampai akhirnya terjalin kerjasama,” ujar Indah.

Setelah dilakukannya penandatanganan kerjasama, Indah mengatakan, bulan Agustus, atau setelat-telanya September 2023 ini, gerai NTB Mall di Strand Mall Malaysia akan diresmikan rencananya oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Ketua Dekranasda NTB.

Indah menambahkan, rencananya , produk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang akan dijual di Malaysia adalah produk-produk unggulan daerah. Misalnya, tenun beserta turunannya, mutiara beserta turunannya, kriya, dan makanan – makanan khas NTB.

Berdasarkan data, kata Indah, ada 2 juta penduduk Indonesia yang tinggal di Malaysia. Apalagi Malaysia adalah gudang negara penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI) yang berasal dari Provinsi NTB.

“Malaysia dan Indonesia ini satu rumpun. Jadi selera pasar kita tidak jauh beda. Itulah potensi pasar yang kita incar,” jelas Indah.

Manfaatnya bagi UKM tentu semakin terbukanya jaringan pasar, semakin terbuka peluang penjualannya. Apalagi di Malaysia. Harga barang UKM tidak menutup kemungkinan akan disesuaikan lebih tinggi dari harga di Indonesia.

Sebagaimana hajatannya, NTB Mall adalah etalase NTB di mata dunia. Tentu, hadirnya NTB Mall di Malaysia nanti akan membuka peluang-peluang bisnis yang lebih besar lagi antara NTB dengan Malaysia.

Sumber:https://www.suarantb.com/2023/07/10/ntb-mall-ekspansi-bisnis-ke-malaysia/

Popular Posts