5 Dampak Negatif Oversharing di Media Sosial, Stop Sekarang!


Sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik, begitu pun dengan
 oversharing atau berlebihan dalam berbagi informasi pribadi. Apalagi jika oversharing dilakukan di sosial media, hal itu bisa menimbulkan berbagai dampak negatif yang terjadi. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kemungkinan negatif yang ditimbulkan, agar hal itu tidak terjadi pada dirimu dan kamu bisa mencegahnya. Berikut lima dampak negatif oversharing yang harus diwaspadai.

1. Menghilangkan Privasi yang Dimiliki

ilustrasi seseorang dalam ruangan (unsplash.com/Sasha Freemind)
ilustrasi seseorang dalam ruangan (unsplash.com/Sasha Freemind)

Privasi adalah salah satu ranah penting yang dimiliki setiap individu. Privasi bukan hanya perihal informasi data pribadi, tetapi juga keleluasaan pribadinya. Oleh sebab itu, privasi perlu dijaga.

Jika semua sudah dibagikan secara berlebihan di sosial media, maka kamu bisa kehilangan privasimu. Berpotensi menjadi korban penipuan, bahkan menjadi bahan gosip yang tidak hanya pada lingkungan sekitarmu, tetapi pada lingkungan yang lebih luas. 

2. Menurunkan Reputasi

ilustrasi profil media sosial (unsplash.com/Timothy Hales Bennett)
ilustrasi profil media sosial (unsplash.com/Timothy Hales Bennett)

Menjadi pengguna sosial media memang harus bijak, terlebih bagi orang yang ingin mempertahankan reputasi yang dimiliki. Hal itu karena setiap postingan yang dibagikan akan cepat tersebar dan dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

Reputasi yang dimiliki bisa saja menurun bahkan hancur jika tidak mampu mengontrol apa yang dibagikan di media sosial. Kalau reputasimu sudah hancur, nama baikmu ternodai, maka jika melakukan sesuatu kamu akan lebih sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain.


3. Meningkatkan Risiko Keamanan

ilustrasi foto diri (unsplash.com/Kyle Glenn)
ilustrasi foto diri (unsplash.com/Kyle Glenn)

Oversharing di media sosial perlu diwaspadai karena berpengaruh terhadap risiko keamanan. Keamanan tersebut tidak hanya keamanan secara fisik, tetapi juga keamanan informasi serta keamanan finansial. 

Misalnya oversharing yang dilakukan tidak sengaja menyinggung orang lain dan membuat orang lain tidak terima, bukan tidak mungkin ini akan mempengaruhi keamanan dirimu secara fisik. Contoh risiko lainnya akibat oversharing yaitu pencurian identitas berupa data pribadi, yang bisa saja disalahgunakan sehingga menimbulkan kerugian berupa finansial.

4. Mengganggu Kesehatan Mental

ilustrasi stres (unsplash.com/Michal Matlon)
ilustrasi stres (unsplash.com/Michal Matlon)

Semua selalu memiliki dua sisi, seperti positif dan negatif. Jika yang kamu bagikan tidak over dan bisa memberikan dampak positif bagi para followers tentu itu sangat baik, perasaan pun menjadi lebih bahagia.

Namun jika yang terjadi adalah yang sebaliknya, kamu juga bisa mendapatkan dampak negatif. Misalnya mendapatkan hate speech atau bullying, hal ini memungkinkan dirimu menjadi stres dan tertekan, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mental yang dimiliki.

5. Menimbulkan kerugian

ilustrasi penipu (unsplash.com/Clint Patterson)
ilustrasi penipu (unsplash.com/Clint Patterson)

Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan berbagai dampak positif, bahkan bisa menjadi ladang untuk mendapatkan penghasilan. Namun, hal sebaliknya juga bisa saja terjadi, yaitu menimbulkan kerugian.

Oversharing dapat dijadikan alat untuk penipuan, terlalu banyak informasi yang didapatkan oleh orang lain bisa disalahgunakan. Misalnya mereka mengetahui banyak tentang dirimu, bisa saja mereka menggunakan identitasmu dan menipu orang lain, tentu saja hal ini sangat merugikan.

Penting untuk diingat! Sebelum membagikan apapun di media sosial, telaah kembali semua hal atau informasi yang akan kamu bagikan. Jangan sampai itu memberikan dampak negatif yang bahkan kamu tak pernah menginginkannya. Bijaklah dalam bermedia sosial, paling minimal jaga dirimu sendiri, jangan mau rugi. 

Sumber:https://yoursay.suara.com/lifestyle/2023/07/04/141613/5-dampak-negatif-oversharing-di-media-sosial-stop-sekarang

Popular Posts