Tak Hanya untuk Hiburan, Ini Manfaat Media Sosial untuk Generasi Z


Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan wilayah di Indonesia dengan 25 persen dari total populasinya merupakan Generasi Z (Gen Z). Dengan penggunaan internet yang semakin masif terutama di kalangan anak muda,
 Kementerian Kominfo dalam Laporan Survei Status Literasi Digital di Indonesia 2022 mencatat bahwa Gen Z rata-rata menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari. Tak dapat dipungkiri, dunia digital membawa kemudahan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama bagi Gen Z, hampir semua kegiatan mereka dilakukan melalui dunia digital, mulai dari belajar, menikmati hiburan, mencari berita, belanja, memesan makanan, hingga mencari inspirasi tempat liburan atau hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

Secara khusus di Lombok yang kini menjadi salah satu primadona pariwisata dengan keindahan alam dan budaya, Gen Z Lombok banyak berinteraksi di media sosial membicarakan berbagai lokasi wisata baru yang mereka temukan dan membagikan foto dan informasi tentang lokasi itu melalui media sosial. Seringkali mereka menyebutnya sebagai ‘surga tersembunyi’ atau ‘hidden gems’. Konten seperti ini tentunya berpotensi menarik wisatawan untuk datang mengunjungi  ‘hidden gems’ tersebut dan membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.

Melihat tren tersebut, pada umumnya, dunia digital, secara khusus media sosial, seringkali dilihat sebagai wadah untuk bersenang-senang dan menjadi sumber hiburan semata, namun sebenarnya lebih daripada itu, dunia digital menawarkan berbagai manfaat bagi para Gen Z.

Yuk, simak manfaat internet bagi Gen Z dalam memaksimalkan potensi dunia digital sebagai berikut:

Ekspresi Diri dan Tunjukkan Bakat

Salah satu manfaat utama dari penggunaan platform digital adalah dapat menjadi wadah ekspresi diri bagi Gen Z. Kamu dapat menunjukkan bakat kamu di dunia digital dan biarkan netizen melihat bakat kamu! Misalnya, mengadakan Sesi Live stand-up comedy atau memasak resep sendiri di media sosial, mengunggah postingan video dancing kamu yang energik dan singing bagi kamu yang bersuara emas, atau membuat konten edukasi berisi tips belajar dan ilmu pengetahuan untuk menginspirasi Gen Z lainnya. Melalui media sosial, kamu dapat membangun personal image, membagikan hal positif kepada banyak orang, dan siapa tahu tak hanya tampil di media sosial, kamu bisa membuka kesempatan untuk tampil di panggung nasional, bahkan internasional!.

Mengajak Lebih Banyak Orang Mengenal dan Menikmati Lombok

Berdasarkan pantauan Lombok Post di platform digital tahun 2023 tentang NTB, khususnya Pulau Lombok, percakapan audiens di media sosial dipenuhi dengan antusiasme dalam menemukan dan berbagi lokasi wisata baru yang belum pernah dijelajahi dan menyebutnya sebagai ‘hidden gems’. Jangan hanya disimpan sendiri, keindahan dan keunikan ‘hidden gems’ di Lombok layak untuk dibagikan! Hal ini dapat membuka peluang bagi kamu yang ingin menjadi content creator. Dengan kreativitas, Gen Z bisa membagikan ulasan dan pengalaman sendiri, tips and trick, dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk mengunjungi lokasi tersebut, disertai dengan video dan foto yang menarik. Bayangkan! Dari konten yang Gen Z buat dan bagikan di media sosial, bisa mengundang lebih banyak orang untuk datang ke Lombok, sekaligus menghidupkan perekonomian lokal.

Menambah Penghasilan dari Dunia Digital

Platform digital juga bisa memberikan kesempatan bagi Gen Z untuk menambah penghasilan. Kamu dapat dengan mudah memanfaatkan platform seperti e-commerce untuk menjual produk atau jasa secara online, misalnya menjual prakarya unik khas Lombok atau karya seni lain yang dibuat sendiri oleh Gen Z, bisa berupa lukisan, ilustrasi, dekorasi rumah, atau pajangan. Atau, kalian bisa mulai merintis profesi menjadi pemandu wisata! Sebagai Gen Z Lombok yang sudah mengetahui seluk beluk Lombok, pastinya kamu bisa menjadi orang terpercaya untuk mengajak para wisatawan dari luar Pulau Lombok yang ingin menjelajahi keindahan dan budaya Lombok. Kalian bisa membuat akun media sosial yang menawarkan jasa kamu sebagai pemandu wisata, disertai dengan unggahan foto dan video keren tentang Lombok untuk menarik minat orang-orang.

Untuk memaksimalkan manfaat di platform digital tersebut, tentunya Gen Z di Pulau Lombok perlu didukung dengan koneksi internet yang handal, cepat, dan terjangkau. Pas banget nih! Tri punya cara untuk menjawab kebutuhan kamu.

Sebagai bagian dari Indosat Ooredoo Hutchison, Tri hadir di Lombok untuk mendukung aktivitas digital pelanggan kapanpun dan di manapun, serta membuat siapa pun semakin terhubung dengan lancar. Tri menyediakan koneksi data yang hemat dan cepat, serta memadai, melalui Kartu Perdana dan Isi Ulang Happy Jumbo spesial untuk masyarakat di Nusa Tenggara, khususnya Pulau Lombok.

Happy Jumbo hadir dengan kuota data yang besar dan harga terjangkau dengan Happy Jumbo 30GB/30 hari (1GB/hari) harga spesial Rp35.000 dan Happy Jumbo 60GB/30 hari (2GB/hari) harga spesial Rp60.000, dengan tambahan bebas WhatsApp. Kuota yang diberikan adalah kuota lokal.

Melalui Paket Happy Jumbo, Tri bisa menjadi “bestie” para Gen Z untuk menjelajahi dunia digital. 

Sumber:https://lombokpost.jawapos.com/teknologi/13/07/2023/tak-hanya-untuk-hiburan-ini-manfaat-media-sosial-untuk-generasi-z/

Popular Posts