Jenis-Jenis Pemasaran Digital, Bukan Hanya Lewat Media Sosial atau Afiliasi


 Menentukan strategi pemasaran digital tidaklah mudah, apa lagi jika Kawan Puan masih bingung ingin mempromosikan produk di platform mana.

Maka itu, ada baiknya kamu mengenali terlebih dulu jenis-jenis pemasaran digital.

Ternyata, pemasaran digital bukan hanya memasarkan produk melalui media sosial atau program afiliasi saja.

Apa saja jenis-jenis pemasaran digital? Simak informasinya seperti mengutip Gramedia.com berikut ini!

1. Search Engine Marketing (SEM)

Pemasaran digital SEM melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook.

SEM terdiri dari dua bagian yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).

SEO melibatkan optimasi konten dengan memanfaatkan kata kunci agar muncul di halaman pertama Google tanpa membayar.

PPC mengharuskan pembayaran biaya kepada penyedia iklan agar materi pemasaran selalu muncul di daftar teratas dalam pencarian menggunakan kata kunci.

2. Influencer/Affiliate Marketing

Jenis pemasaran ini melibatkan influencer atau mitra afiliasi dalam mempromosikan produk.

Influencer marketing mengharuskan pemilik usaha membayar influencer untuk mempromosikan produk kepada pengikutnya.

Sedangkan affialiate marketing melibatkan mitra yang mendapatkan komisi dari penjualan produk.

3. Content Marketing

Berikutnya, content marketing yang melibatkan pembuatan, pengelolaan, dan penyebaran berbagai jenis konten.

Melalui pemasaran jenis ini, pengguna diarahkan untuk membeli produk atau jasa dari sebuah konten di media sosial atau situs web.

Untuk membuat pemasaran yang efektif, penting untuk memiliki website yang SEO-friendly agar konten dapat muncul di halaman pertama mesin pencari.

4. Pemasaran melalui Email

Sesuai dengan namanya, jenis pemasaran melalui email dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan.

Tujuannya bukan hanya mengirimkan email, tetapi juga untuk menarik perhatian pelanggan.

Dalam membuat email marketing, diperlukan tools khusus untuk email marketing yang dapat membuat surat elektronik menjadi promosi menarik.

5. Pemasaran di Media Sosial

Pemasaran di media sosial dilakukan melalui optimasi konten atau beriklan di jejaring sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube.

Hampir semua platform media sosial menyediakan layanan promosi bisnis, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan target pasarmu.

6. Iklan di Televisi

Memasang iklan di televisi juga termasuk ke dalam jenis pemasaran digital.

Pemasaran di televisi dilakukan dengan membayar slot iklan untuk mempromosikan produk yang biayanya bisa jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Nah, itulah beberapa jenis pemasaran digital yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber:https://www.parapuan.co/read/533830957/jenis-jenis-pemasaran-digital-bukan-hanya-lewat-media-sosial-atau-afiliasi?page=3

Popular Posts