Manfaatkan Digital Marketing, Tentukan 5W 1H Sebelum Memulai Usaha


Pasar menjadi salah satu sektor penting dalam berwirausaha. Tanpa adanya pasar, niscaya sebaik apapun produk tersebut tidak akan dilirik pembeli.

Lalu bagaimana menciptakan pasar tersebut?

Muhammad Sholikin selaku pemilik Daraa.id sekaligus FourOne.Store pun berbagi tips, terkait berwirausaha, termasuk dalam menciptakan pasar.

Hal tersebut dijelaskannya dihadapan para peserta kegiatan Akurat Goes to Campus bersama Bank Mandiri, yang digelar di kampus Universitas Muria Kudus (UMK), pada Sabtu 8 Juli 2023 lalu.

"Untuk menciptakan pasar, salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing. Ada banyak bisa dicoba, misalnya melalui media sosial, email marketing, bulk SMS, display atau mobile ads, video advertising hingga menggunakan influencer marketing," papar Sholikin.

Dipaparkan, pemanfaatan media sosial menjadi cara yang paling mudah dan murah, dalam membuka pasar.

"Kita bisa memanfaatkan Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, YouTube dan lainnya, untuk membantu memperkenalkan produk kita. Termasuk juga menggunakan influencer marketing, yang bisa diajak kerja sama," terangnya.

Di sisi lain, Sholikin yang juga alumni UMK Kudus tersebut mengajak para calon wirausaha untuk berani mencoba, dalam memulai usaha.

"Hambatan untuk berwirausaha pada generasi milenial itu ada beragam, misalnya rasa takut. Mereka takut gagal padahal belum memulai usaha. Kemudian literasi masih kurang, termasuk tidak ada mentor atau pendamping," ucapnya.

Hambatan terakhir yakni soal permodalan, yang akhirnya membuat para wirausaha muda ini ragu-ragu dalam memulai usaha.

"Untuk itu, dalam memulai usaha, saya menyarankan untuk melakukan 5W+1H," lanjut Sholikin.

W yang pertama yakni what (apa), yakni apa produk yang kamu jual. W kedua yakni who (siapa), yang akan membeli produkmu.

W ketiga when (kapan) membeli produkmu, W keempat why (mengapa) harus membeli produkmu, serta W kelima yakni where (dimana) bisa membeli produkmu.

"Sedangkan H, yakni how atau bagaimana cara membeli produkmu. 5W+1H ini harus sudah dipikirkan sebelum memulai usaha yang akan dirintis," pungkas Sholikin.

Sumber: https://jateng.akurat.co/manfaatkan-digital-marketing-tentukan-5w-1h-sebelum-memulai-usaha

Popular Posts