Bosan sama Twitter? Ini 5 Media Sosial Alternatif yang Bisa Kamu Coba


Pengambilalihan
 Twitter yang kontroversial oleh Elon Musk pada Oktober 2022 membuat banyak pengguna Twitter memutuskan untuk meninggalkan platform media sosial itu.

Ditambah lagi, baru-baru ini Musk menerapkan "batas sementara" pada jumlah posting yang dapat dilihat pengguna per hari, ditentukan oleh berbagai batasan tergantung pada status langganan pengguna.

Musk sebelumnya mendapat kecaman setelah mengakuisisi Twitter karena memberhentikan sekitar 80% karyawan perusahaan, memulihkan profil yang pernah dibatasi dan men-tweet teori konspirasi. Kepemimpinan situs Musk yang kontroversial telah membuat beberapa pengguna mencari platform media sosial berbasis teks lainnya.

Nah, jika kamu mulai bosan dengan peraturan Twitter, berikut 5 sosial media lain yang bisa kamu coba:


Threads

Sosial media kedua adalah Threads yang dibuat oleh Meta. Threads akan diluncurkan Kamis, 6 Juli 2023 waktu AS dan sudah mulai banyak diminati.

Sama seperti Instagram meluncurkan Reels untuk bersaing dengan raksasa video vertikal TikTok, Meta yang dipimpin Mark Zuckerberg akan segera merilis Threads, aplikasi berbasis teks yang akan menyaingi Twitter. Para eksekutif berkata bahwa perbedaan terbesar antara Threads dan Twitter adalah bahwa Utas akan "dijalankan dengan wajar", tetapi sebagian besar informasi telah dirahasiakan.


Threads kini sudah muncul di toko aplikasi Apple, Appstore sebelum dirilis, dan info aplikasi mengatakan pengguna akan terus menggunakan log-in Instagram mereka dan dapat dengan mudah mengikuti akun yang sama yang mereka ikuti di Instagram.

Spill

Didefinisikan sebagai "percakapan visual dengan kecepatan budaya," Spill didirikan oleh Alphonzo "Phonz" Terrell dan DeVaris Brown dan diluncurkan pada bulan Januari 2023 lalu.

Baik Terrell dan Brown adalah mantan karyawan Twitter, dengan Terrell sebelumnya menjabat sebagai kepala sosial dan editorial global Twitter sebelum ia di-PHK oleh Musk. Platform ini bertujuan untuk "melayani para penikmat budaya yang sering menetapkan tren baru namun secara rutin diabaikan dan kurang mendapat kompensasi," cuit Terrell sebelumnya. “Ya, yang kami maksud adalah kreator kulit hitam, kreator queer, dan berbagai suara berpengaruh di luar AS.”


Menjelang peluncurannya, Spill memiliki hampir 20.000 pengguna dalam daftar tunggu pada Desember 2022.

Mastodon, tidak seperti banyak alternatif Twitter lainnya, diluncurkan pada tahun 2016 dan menjadi populer pada tahun 2022. Ini didefinisikan sebagai "(Platform) jejaring sosial yang tidak untuk dijual", dibuat oleh programmer Jerman bernama Eugen Rochko.


Perbedaan utama antara Mastodon dan Twitter adalah bahwa yang pertama aplikasi ini terdesentralisasi dan dioperasikan oleh banyak server independen. Pengguna dapat bergabung dengan berbagai server berdasarkan topik pusat yang berbeda. Platform ini memiliki 10 juta pengguna terdaftar, menjadikannya situs terpadat untuk pengguna Twitter yang memilih pindah.

Bluesky

Bluesky didirikan pada 2021 oleh mantan co-creator dan CEO Twitter sebelum Elon Musk, Jack Dorsey. Sampai sekarang, situs ini beroperasi dalam format khusus undangan, yang memungkinkan pengguna untuk memposting konten hingga sepanjang 300 karakter.


Karena platform ini lebih eksklusif dari pendahulunya, saat ini memiliki sekitar 180.000 pengguna dengan 1,9 juta orang dalam daftar tunggu untuk bergabung. Bluesky menggunakan Protokol AT yang untuk "membuka era baru eksperimen dan inovasi di media sosial". Situs web resmi Bluesky menjelaskan bahwa "peneliti dan komunitas akan memiliki kemampuan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi jaringan sosial saat ini, dan pengembang akan dapat bereksperimen dengan banyak bentuk interaksi baru."


Tiga ahli teknologi: Gabor Cselle, Sarah Oh, dan Michael Greer meluncurkan T2 Social pada November 2022 lalu.


Cselle dan Oh sebelumnya bekerja di Twitter, masing-masing sebagai manajer produk grup dan penasihat hak asasi manusia. Komunitas itu saat ini berada di tahap awal, didefinisikan sebagai "tempat untuk melakukan percakapan otentik yang selalu diinginkan", dengan batas karakter 280. Awalnya diluncurkan dengan kurang dari 1.000 pengguna di platformnya, yang sejak saat itu diperluas menjadi sekitar 20.000 dalam format khusus undangan.

sumber:https://www.viva.co.id/digital/digilife/1615062-bosan-sama-twitter-ini-5-media-sosial-alternatif-yang-bisa-kamu-coba

Popular Posts