Lepas IndiHome ke Telkomsel, Telkom Langsung Fokus Incar Pasar UKM


 Usai melepas IndiHome ke Telkomsel, Telkom kini fokus di sektor business to business (B2B). Pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi bidikan Telkom sebagai sumber pendapatan perusahaan.

Sebagai informasi, penggabungan IndiHome dan Telkomsel untuk memisahkan fokus bisnis perusahaan, di mana Telkomsel menyasar business to consumer (B2C) dan Telkom ke sektor business to business (B2B).

Adapun, per 1 Juli 2023 IndiHome sudah milik Telkomsel setelah sebelumnya dilakukan Telkom dan Telkomsel telah menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off).

"Setelah IndiHome ke Telkomsel, Telkomsel fokus ke B2C, Telkom akan fokus ke B2B bahwa pasar B2B saat ini, enterprise dan government, sudah kita menggarap, dengan fokus ke B2B ada pasar yang selama ini kita terlalu fokus," ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Venusiana Papasi di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Lebih lanjut, kata Venusiana, sektor UKM menjadi incaran Telkom dengan menghadirkan solusi digital yang dimilikinya. Dengan harapan, solusi tersebut akan membawa pelaku UKM naik kelas atau merambah pemasarannya sampai mancanegara.

"Small Medium Enterprise (SME) atau UKM akan kita kerahkan tim regional kita dari 1-7 akan menggarapnya," ucapnya.

Untuk membawa UKM tersebut naik kelas, Telkom menghadirkan Indibiz sebuah ekosistem solusi dunia usaha bagi pelaku bisnis di Indonesia dalam memperluas bisnis di era digital.

"Kami menyediakan ekosistem solusi dunia usaha Indonesia dengan mengangkat Indibiz, itu ekosistem. Jadi, ekosistem digital itu memang on top of connectivity, jadi kita tidak bisa connectivity lagi, kita bicara solusi atau ekosistem untuk mendukung pelaku usaha untuk naik atau go global," pungkasnya.

Sumber:https://inet.detik.com/telecommunication/d-6809530/lepas-indihome-ke-telkomsel-telkom-langsung-fokus-incar-pasar-ukm

Popular Posts