BRO, INI ALASAN KENAPA BISNIS LO HARUS PUNYA SISI ADVENTURE


Petualangan atau
 adventure identik sama sesuatu yang maskulin, bebas, dan liar.  Namun, tau nggak sih? Ternyata bisnis juga butuh sisi adventure di dalamnya, lho. Kok bisa, ya?

Yes Superfriends, proses ngebangun bisnis dari nol sampai akhirnya bisa berkembang itu jadi petualangan tersendiri buat owner-nya. Layaknya naik gunung atau menyelami lautnya, selalu ada tantangan yang dihadapi sama pemilik bisnis buat mempertahankan usahanya. Mereka bakal ngelewati untung-rugi, pencarian ide, ketemu orang-orang baru, dan banyak lagi hal yang dilalui dalam ngejalanin bisnisnya.

Sisi adventure dalam bisnis dibutuhin karena bisa memacu owner buat ningkatin inovasi, membuat tim lebih termotivasi untuk bekerja setiap harinya, ketemu sama investor potensial, dan berkomitmen buat nyari solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Itulah kenapa penting banget ada sisi adventure dalam bisnis lo, Bro.

Terus, gimana dong cara numbuhin sisi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Ajak Tim Jalan-jalan


Image: Pexels

Bukan adventure namanya kalau bukan jalan-jalan. Yes, bener banget, Bro. Lo bisa ngajak tim buat main ke tempat-tempat baru, terutama tempat yang nggak ada hubungannya sama bisnis lo. Misalnya, kalau lo punya bisnis di bidang desain grafis, coba deh jalan-jalan ke tempat industri tekstil. Siapa tau ragam motif di kain tekstil tersebut bisa jadi inspirasi buat bikin desain baru.

Cari Koneksi yang Anti-Mainstream

Selain dateng ke tempat baru, inspirasi juga bisa dateng dari orang-orang baru. Lo bisa coba buat cari koneksi dari kalangan yang nggak terduga buat lo. Misalnya, lo sebagai desainer grafis cari koneksi dari kalangan pembatik. Lo dan dia bisa sharing cara menghasilkan produk dari sudut pandang yang berbeda. Nggak sekadar sharing, lo juga bisa kolaborasi buat bikin produk baru.

Saling Memberi Tantangan


Image: Pixabay

Salah satu cara buat numbuhin sisi adventure sekaligus ngebangun bonding dalam tim yaitu dengan saling memberi tantangan satu sama lain. Lo bisa mulai dengan ngajak satu orang terdekat di tim lo buat bertukar tantangan 30 hari. Kalau tantangan itu berhasil, ajak orang lain untuk ikutan challenge ini. Kalian bisa saling bertukar tantangan secara random. Makin banyak orang yang terlibat, makin seru tantangan yang bakal didapat.

Bantu Tim Ngerjain Tugasnya

Sebagai seorang owner bisnis, satu tantangan yang bisa lo coba yaitu ngebantu tim buat ngerjain tugasnya. Lo bisa bikin konsep one day one team buat tantangan ini. Dalm satu hari itu, coba deh lo kerja di ruangan tim yang bakal lo bantu. Rasain vibes kerja langsung bareng mereka. Nggak cuma ngasih bantuan, lo juga bisa minta aspirasi atau masukan dari tim tersebut buat ngembangin bisnis.

Itu tadi cara-cara yang bisa lo lakuin buat numbuhin sisi adventure dalam bisnis lo. Kalau lo punya cara lain, jangan ragu buat tulis di kolom komentar, ya!


Sumber:https://www.superlive.id/superadventure/superadventure-news/bro-ini-alasan-kenapa-bisnis-lo-harus-punya-sisi-adventure

Popular Posts