Bank BUMN Siapkan Uang Tunai Triliunan Rupiah buat Lebaran

Dalam rangka menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H sejumlah bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan pasokan uang tunai hingga triliunan rupiah. Hal ini demi memenuhi kebutuhan nasabah agar tetap bisa bertransaksi selama periode libur lebaran.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi mengungkapkan perseroan menyiapkan uang tunai Rp 49,6 triliun. Dia menyebut hal ini karena ada tambahan menghadapi libur Lebaran dan tambahan cuti bersama.

"Dalam perhitungan kami, Bank Mandiri akan menyiapkan uang cash sebesar Rp 49,6 triliun," jelas dia dalam RDP di Komisi VI DPR, Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023). Menurut dia Bank Mandiri juga menyiapkan Rp 15 triliun untuk safety level.


Dalam kesempatan yang sama Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Adi Sulistyowati mengungkapkan perseroan menyiapkan uang tunai untuk menjaga likuiditas Rp 45,8 triliun.

Hal ini karena BNI melihat setiap minggunya akan ada pengeluaran Rp 15,2 triliun. "Dari Rp 15,2 triliun itu dialokasikan untuk ATM Rp 6,16 triliun, CRM Rp 4,13 triliun dan outlet Rp 5 triliun," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini makin banyak nasabah yang bertransaksi di ATM dan CRM. Pada periode libur lebaran BNI akan membuka 98 outlet yang ada di kota-kota yang ramai dalam mudik lebaran ini. BNI juga mengaktifkan agen sebanyak 150 ribu unit.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso menyebutkan BRI menyiapkan uang tunai sekitar Rp 32 triliun. Penyediaan uang tunai ini di luar dari cadangan bank.

Sumber: https://finance.detik.com/moneter/d-6642994/bank-bumn-siapkan-uang-tunai-triliunan-rupiah-buat-lebaran

Popular Posts