Cara Kerja Algoritma Instagram 2023


Instagram menjadi salah satu media sosial terbesar di jagad maya. Bukan hanya sekadar sarana ajang tampil eksis, Instagram menjadi ajang promosi bisnis yang sangat efektif.

Instagram memiliki statistik data yang dapat menguntungkan pebisnis. Bisa dikatakan peluang konversi bisnis dapat meningkat drastis jika menjalankan Instagram Marketing. Maka, begini cara kerja algoritma instagram di tahun 2023 yang perlu kamu ketahui.

Instagram memiliki jumlah pengguna aktif di seluruh dunia mencapai 12.8 miliar per bulan, dan harian mencapai 500 juta pengguna. Tidak heran kalau Instagram menjadi situs website nomor 7 yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Bahkan pengguna Instagram pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 53 menit per hari dan sekitar 70 persen pengguna Instagram adalah mereka yang menonton stories videos setiap hari.

Sebanyak 63 persen pengguna membuka Instagram setidaknya sekali sehari dan Indonesia adalah negara keempat yang warga negaranya paling banyak menggunakan Instagram, setelah India, Amerika Serikat, dan juga Brazil.

Dari DataIndonesia.id mengungkap bahwa Instagram termasuk ke dalam kategori sosial media terpopuler di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 84,48 persen dari 191 juta jiwa pengguna internet. Jumlah ini terbilang sangat fantastis mengingat persaingannya dengan TikTok semakin ketat. TikTok sendiri melalui sumber data yang sama, hanya meraih presentase jumlah pengguna sebesar 63,1 persen.

Tidak heran banyak pebisnis yang rela melakukan investasi besar-besaran dalam strategi Instagram marketing mereka. Hal ini karena, mereka bisa mendapatkan branding yang kian menguat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan konversi. Untuk bisa mendapatkan dua manfaat besar tersebut bukanlah perkara mudah. Kamu sebagai pebisnis harus memikirkan strategi dan juga mempelajari tren algoritma Instagram. Kamu juga harus memahami cara kerja algoritma Instagram 2023 berikut ini:

Cara Kerja Algoritma Instagram untuk Home & Stories

Konten yang kamu sukai, Instagram akan menampilkan saran konten yang sesuai dengan apa yang kamu sukai atau follow di Instagram.

Interaksi dalam beberapa hari terakhir, ya Instagram akan menampilkan konten-konten yang kamu like, comment atau share.

Deskripsi informasi postingan, ini maksudnya semakin detail informasi konten yang diberikan maka semakin besar pengaruhnya untuk algoritma Instagram.

Waktu, semakin lama kamu menghabiskan waktu dengan konten tertentu di suatu akun maka Instagram akan terus menampilkan saran konten yang memiliki tema yang sama.

Laporan/Report, jika kamu melakukan report atas suatu akun yang kamu rasa mengganggu dan melanggar community guideline dari Instagram maka Instagram akan menurunkan visibilitasnya.

Cara Kerja Algoritma Instagram untuk Reels

Kualitas video reels menentukan berapa engagement yang kamu dapatkan, semakin tinggi kualitas video reels yang kamu post maka kamu akan mendapatkan engagement yang tinggi.

Interaksi pengguna seperti like, comment, share, dan juga save akan memperbesar peluang konten serupa untuk terus tampil di Reels pengguna.

Masalah teknis video, meliputi pixel dan audio dalam video juga mempengaruhi jumlah engagement yang akan kamu dapatkan.

Waktu tayang, mudahnya semakin banyak views video dari sebuah konten, maka semakin besar konten kamu akan dilihat oleh orang-orang yang tidak mengikuti.

Sumber: https://mediago.id/tekno/cara-kerja-algiritma-instagram-2023/

Popular Posts