Contoh Aplikatif Fundamental Digital Marketing


Perkembangan dunia global telah menuntut kemajuan dalam segala aspek kehidupan manusia utamanya dalam bidang "marketing". Apalagi saat ini teknologi sudah memberikan lem pada setiap orang tanpa kecuali, jika kita perhatikan saat ini semua orang telah menggunakan smarphone mulai dari anak-anak hingga yang lanjut usia. 

Ini karena semua yang kita butuhkan ada dalam smarphone kita contohnya sama mencari berita, mencari hiburan, bertukar informasi, dan tentunya untuk bertransasksi dan berbelanja tanpa keluar rumah, inilah kenapa Digital Marketing itu lahir. 

Sederhananya Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Contoh implikatif penggunaan digital marketing saat ini sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari hari. 

Contohnya saja penggunaan aplikasi instagram, selain bisa pamer dan bertukar informasi instagram juga merupakan sahabat sejuta wirausaha di indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak, lebih dari seratus juta orang di dunia adalah pengguna aktif aplikasi instagram. Saat ini ada jutaan influenser yang memanfaatkan kesempatan ini unntuk membantu para wirausaha mempromosikan suatu produk secara online. 

Mendapatkan pesanan yang melimpah melalui digital marketing satu ini bukanlah hal yang fana kalau kita mau membuka mata soal digital marketing. Keberadaan influenser ini tentu sangat membantu para wirausaha untuk memperkenalkan produk mereka di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi para wirausaha tidak perlu lagi banting tulang keliling kampung membawa brosur produk mereka itupun kalau ada yang beli, laku kaga cape iya. 

Tetapi perlu diingat kita harus jeli memilih influenser mana yang akan kita bayar untuk mempromosikan produk kita, tentunya kita saring influenser yang memang sedang kebanjiran fans dan kontennya masih masuk akal. Karena kebiasaan konsumen juga melihat siapa influenser yang mempromosikan, umumnya influenser yang memiliki value tinggi itu mudah dipercayai oleh para konsumen karena tidak jarang konsumen tergiur karena visualnya. 

Di dalam penyebaran konten wirausaha wajib menyarankan influensernya menggunakan website resmi agar mudah diakses oleh setiap orang. Dalam konten juga wajib disertai informasi produk yang lengkap agar para konsumen tidak ragu untuk membeli produk tersebut, selain itu contac person juga wajib disertai agar ketika konsumen ingin menanyakan tentang produk tersebut ia mendapatkan jawaban yang jelas dan rinci, karena ada banyak kasus yang kita jumpai di kehidupan sehari hari bahkan kita mengalaminya sendiri ketika kita melihat iklan produk baik offline maupun online di sosial media, semenarik apapun produknya kalau contac person nya tidak ada maka kita akan enggan untuk membeli produk itu , demikian pula kalau foto produknya bagus tetapi tidak dilengkapi dengan penjelasan produk maka kita tidak akan bisa mempercayai keaslian dari produk yang di promosikan. 

Selain instagram yang lagi rame sekarang adalah shopee, masyarakat sangat tertarik berbelanja di shopee karena cara belanjanya yang sangat mudah dan cepat. Disinilah para wirausaha memanfaatkan digital marketing mereka melalui aplikasi shopee. 

Apalagi di setiap bulanya shopee selalu mengadakan hot sale dan gratis ongkir ke seluruh indonesia. Selain itu shopee juga dilengkapi dengan fitur -- fitur yang memudahkan konsumen untuk berbelanja contohnya fitur keranjang, jadi konsumen sudah tidak perlu lagi menghubungi nomor si penjual tinggal langsung cekout saja kalau punya duit, tapi kalau tidak punya duit shopee memberikan fitur shopee pay later yaitu beli sekarang bayar nanti, bayar nanti disini yaitu bulan depannya, atau kalian juga bisa memilih menu mencicil, di shopee kini bisa mencicil selama satu hingga dua belas bulan, jadi tidak punya duit bukan alasan tapi menabung adalah jawaban. 

Selain itu shopee dilengkapi dengan metode pembayaran melalui bank,indomaret,alfamar,beberapa aplikasi transfer dan metode cod atau bayar di tempat. Metode cod inilah yang menjadi sorotan karena kita hanya perlu cek out, menunggu barang datang dan langsung bayar di tempat. Digital marketing inilah yang dimanfaatkan wirausaha untuk meningkatkan pembelian produk mereka.

Sumber: https://www.kompasiana.com/igustiayumadeevamalini/6420fa3bd3aa0f66576e6854/contoh-aplikatif-fundamental-digital-marketing


Popular Posts