Intip 8 Profesi di Bidang Marketing Buat Kamu yang Suka Jualan


Mendengar jurusan Marketing yang terlintas pasti setelah lulus bakal jualan barang atau jasa. Jurusan Marketing di perguruan tinggi memang bakal mempelajari soal pemasaran. 

Namun, dalam berjualan sesuatu tentu tak sekadar menjual. Ada hal-hal yang harus diperhatikan mulai dari memperkenalkan produk hingga menjualnya. 

Nah, buat Sobat Medcom yang tengah terjun di dunia Marketing, ada banyak pekerjaan buat kamu lho setelah lulus. Berikut profesi bagi lulusan jurusan Marketing yang bisa kalian jalani dikutip dari laman binus.ac.id:

1. Brand Marketing

Teknik ini merupakan cara pemasaran suatu produk yang bertujuan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara memperkenalkan brand produk tertentu.

2. Digital Marketing

Kegiatan ini merupakan teknik pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuannya untuk menjangkau banyak konsumen dengan cara lebih efisien.

3. Event Marketing

Kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mempromosikan bisnis, merek, produk, hingga jasa yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Untuk mengadakan kegiatan event marketing, ada tahapan yang perlu kamu lalui mulai dari perencanaan kegiatan, eksekusi, hingga evaluasi kegiatan.

4. Content Marketing

Content marketing adalah teknik pemasaran yang menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan menarik, dengan melibatkan target audience yang jelas dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang bisa mendapatkan keuntungan.

5. Product Marketing

Suatu kegiatan pemasaran suatu produk yang dikembangkan oleh perusahaan tentang bagaimana, kenapa, kapan, di mana dan mengapa perusahaan mempromosikan produk tersebut.

6. Niche Marketing

Niche marketing memiliki target konsumen dan pasar lebih spesifik sehingga lebih tepat sasaran. Misalnya pada bidang kesehatan, kebugaran tubuh, dan lainnya.

7. Strategi Pemasaran

Strategi ini dirancang untuk mempromosikan jasa atau produk. Strategi pemasaran merupakan keseluruhan usaha dari suatu bisnis untuk menarik konsumen dengan memberikan prospek yang tepat sehingga membuat konsumen menjadi pelanggan tetap untuk produk yang ditawarkan.

8. Analisis Pemasaran

Kegiatan ini merupakan proses pengelolaan serta mempelajari metrik data untuk menentukan return on investment (ROI) pemasaran untuk melihat faktor atau hal-hal apa saja yang memengaruhi keberhasilan usaha pemasaranmu.

Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0kpMnanK-intip-8-profesi-di-bidang-marketing-buat-kamu-yang-suka-jualan

Popular Posts