Manfaat Digital Marketing untuk Usaha & Bisnis



Digital Marketing merupakan aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh suatu brand untuk menjangkau audiens potensial di internet menggunakan saluran digital seperti website, email, blog, sosial media (whatsapp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya).


Di mana kita bisa berkomunikasi dengan calon konsumen tanpa harus bertemu secara langsung atau tatap muka untuk menjalankan pemasaran suatu produk yang akan kita jual agar dikenal oleh masyarakat luas melainkan melalui saluran digital itulah calon pembeli akan berkomunikasi dengan penjual.

Berikut contoh salah satu produk skincare yang sudah menggunakan digital marketing. U&Me Beauty merupakan suatu produk kecantikan, kosmetik dan perawatan diri.

Perusahaan skincare tersebut belum lama ini launching di pasaran, dan sudah mulai dikenal oleh sebagian masyarakat karena perusahaan tersebut memasarkan produk tidak hanya offline tetapi juga melalui online, seperti misalnya di Instagram sesuai pada tampilan pada foto diatas dan juga ada di link shopee https://shp.ee/tb29df8 pada gambar dibawah ini.

Dengan adanya digital marketing ini tentunya sangat membantu bagi para entrepreuner dalam memasarkan produknya.

Adapun manfaat digital marketing dalam bisnis yaitu:

1. Membantu Untuk Meningkatkan Penjualan


Tujuan dari aktivitas digital marketing yang paling utama adalah untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. digital marketing dapat  menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses digital marketing bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Maka hal ini nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya penjualan.

Digital Marketing sudah dikonfirmasi oleh banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka sampai 2 kali lipat dari sebelum melaksanakan usaha Digital Marketing

2. Menjangkau Pasar yang lebih luas

Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang dikelola tentunya juga dapat dikenal tidak hanya di wilayah sekitar kita, namun juga di wilayah-wilayah lainnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga dapat semakin besar.

Hal penting yang seharusnya diketahui saat ini adalah bahwa hampir 80% konsumen akan menelusuri sebuah produk atau layanan sebelum membelinya, jadi usaha Digital Marketing bukanlah hal yang seharusnya ditunda. Melalui digital marketing inilah para pebisnis harusnya lebih teliti dan cermat dalam memasarkan suatu produk yang akan dijual.Jadi seiring berjalannya waktu para penjual harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, karena jika kita tidak memperkenalkan produk kita melalui media social tentu produk kita juga akan lebih lama di kenal oleh masyarakat.

3. Menghemat Biaya Promosi

Manfaat digital marketing yang paling dinikmati oleh perusahaan  ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis yaitu menghemat biaya promosi. strategi promosi menerapkan media internet jauh lebih murah bila dibandingi dengan menerapkan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi. Oleh karena itu, bagi yang baru memulai bisnis dan berkeinginan bisnis, dapat cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk menjalankan promosi.

Digital marketing tidak hanya bisa menolong pemilik bisnis dalam menghasilkan klien. Tetapi Digital Marketing bisa pula menghemat anggaran iklan.

4. Sarana Penghubung Yang Baik dengan Konsumen

Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan teknik digital marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati sebab lebih dekat dengan customer.

5. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Tetapi, tidak untuk sekarang.

Tidak hanya membuat posisi anda sejajar dengan pesaing, melainkan pemasaran digital juga memungkinkan anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar. Dengan menjalankan pemasaran yang tepat sasaran menerapkan berbagai media digital yang ada.

6. Memberikan Kemudahan dalam melihat Perubahan Bisnis

Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak seluruh pebisnis dapat dengan pesat mengetahui perubahan dalam bisnisnya.

Tetapi, dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, sebab perubahan bisnis bisa dengan gampang Anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evualuasi bisnis pun juga dapat  dilakukan dengan cepat.

Sumber: https://medan.inews.id/read/272972/manfaat-digital-marketing-untuk-usaha-bisnis

Popular Posts