Social Media Marketing, Keahlian yang Bisa Bikin Bisnis Makin Maju


Mengakses social media atau media sosial (seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook) menjadi salah satu aktivitas yang rutin dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Apalagi jika berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia ada sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut bahkan setara dengan 60,4% dari populasi di tanah air.

Dengan mengakses media sosial, kita dapat menjangkau aneka informasi dengan mudah dan cepat, mulai dari kabar terbaru teman/kerabat, publik figur, berita, hingga produk terbaru dari sebuah brand (merek).

Untuk yang terakhir, memang benar saat ini media sosial banyak menjadi sumber informasi orang-orang dalam mengetahui sebuah produk atau layanan.   

Tak heran, media sosial kini dianggap sebagai salah satu platform yang cukup ampuh untuk melakukan marketing (pemasaran) bagi bisnis.

Untuk dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat di platform media sosial, bisnis tentunya membutuhkan orang-orang yang memiliki skill (keahlian) yang biasa disebut dengan social media marketing (pemasaran media sosial).

Lantas, apa itu social media marketing? Mengutip dari Hubspot, social media marketing adalah sebuah keahlian membuat konten untuk platform media sosial yang bertujuan mempromosikan sebuah produk dan/atau layanan, membangun komunitas dengan audiens yang tertarget, dan mengarahkan traffic (lalu lintas) ke situs bisnis.

Dalam melakukan tugasnya, social media marketing harus memiliki kemampuan dalam menganalisis data, strategi pemasaran, kreativitas dalam membuat konten, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Social media marketing juga harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan tren dan teknologi terbaru agar bisa memanfaatkan peluang pemasaran yang ada.

Social Media Marketing Makin Dibutuhkan

Dalam dunia bisnis, kebutuhan akan keahlian social media marketing semakin meningkat, terutama di era pasca pandemi COVID-19 yang memaksa banyak bisnis beralih ke platform digital untuk mempertahankan bisnis mereka.

Hal ini membuat keahlian social media marketing semakin diperlukan dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

Tertarik untuk memiliki keahlian social media marketing? Untuk memulainya, Anda bisa mengikuti berbagai kursus atau kelas baik online maupun offline yang ada banyak saat ini.

Nah, untuk kelas online, di bulan Ramadan ini InfoKomputer bekerja sama dengan G2Academy mengadakan kelas online bertajuk “InfoKomputer NgabuburIT”, yang berlangsung setiap Kamis sore menjelang waktu buka puasa (pukul 15.30-17.00 WIB).

Pada Kamis, 30 Maret mendatang, InfoKomputer NgabuburIT bakal mengangkat tema “Teknik Marketing di Sosial Media” yang tentunya akan mengupas lebih dalam mengenai keahlian di bidang social media marketing.

Sumber:https://infokomputer.grid.id/read/123742869/social-media-marketing-keahlian-yang-bisa-bikin-bisnis-makin-maju

Popular Posts