Zoho Tawarkan Zoho Creator Platform, Mudahkan Bisnis Bangun Aplikasi


Zoho beberapa waktu lalu mengumumkan pembaruan sehubungan Zoho Creator di Indonesia. Zoho meluncurkan platform low-code versi terbaru dari Zoho Creator. Disebut Zoho Creator Platform, Zoho mengeklaim platform barunya adalah solusi all in one yang menjembatani pengguna bisnis dan tim TI dengan memberikan pengalaman membangun aplikasi ala solusi low-code tanpa dipengaruhi tingkat pengetahuan teknis; sesuai untuk pengguna dengan segala tingkat pengetahuan teknis. Zoho menambahkan tidak banyak solusi low-code yang menawarkan kemampuasn seperti Zoho Creator Platform. Zoho pun meyakini Zoho Creator Platform makin memudahkan bisnis dalam membangun aplikasi.

"Selain Zoho Creator, hanya ada sedikit solusi low-code di pasar yang memungkinkan pengguna bisnis atau TI untuk menciptakan alat sekaligus memungkinkan tim TI mengelola keamanan, kepatuhan, integrasi, dan tata kelola yang berkelanjutan," ujar Gibu Mathew (Vice President dan General Manager Zoho Wilayah Asia Pasifik). "Perpaduan dua disiplin ilmu dan profil pengguna memperlihatkan nilai unik dari platform Creator ini," tambahnya.

Zoho menyebutkan melalui Zoho Creator Platform, perusahaan dapat membangun, mengelola, mengintegrasikan, serta menganalisis bisnis mereka. Hal ini memungkinkan pengelolaan aplikasi bisnis yang dari ujung ke ujung (end-to-end) dalam satu platform. Dengan serangkaian perkakas dalam Zoho Creator Platform, tim TI dan pengguna bisnis dalam suatu perusahaan bisa saling bekerja sama untuk membuat dan menerapkan aplikasi yang dapat dikustomisasi alias disesuaikan dengan kebutuhan.

Zoho mengeklaim Zoho Creator Platform bisa membuat bisnis mengembangkan aplikasi sepuluh kali lebih cepat dibandingkan solusi sejenis di pasar. Kecepatan merupakan salah satu keunggulan dari solusi low-code yang membuat pertumbuhannya tinggi setiap tahunnya. Mengutip KBV Research, Zoho menyebutkan pasar platform pengembangan low-code di Asia Pasifik diperdiksikan akan memiliki CAGR (compound annual growth rate) sebesar 27,1% selama periode tahun 2020 sampai tahun 2026.

Terdapat tiga area inovasi yang dikedepankan Zoho pada Zoho Creator Platform. Ketiganya adalah melebarkan pembangunan aplikasi menjadi pembangunan solusi, membangun ekosistem solusi yang terhubung untuk pengalaman yang seamless, dan meningkatkan kontrol untuk tim TI. Adaupun untuk harganya, Zoho Creator Platform ditawarkan dengan harga mulai US$25 per pengguna (karyawan yang menggunakan).Zoho Creator Platform membolehkan pengguna untuk menciptakan, mengintegrasikan, menganalisis, dan mengelola solusi bisnis custom dalam skala besar dari satu dasbor. Melalui teknologi AI yang disempurnakan serta kapabilitas dalam proses perancangan, aplikasi dapat diperluas dan diimplementasikan dengan cepat. Selain itu, Zoho menambahkan pengembang (tim TI) dapat menulis, menyimpan, dan menjalankan code block yang dapat digunakan kembali di Zoho Creator platform memanfaatkan Deluge, Java, dan Node.js.

Membangun Ekosistem Solusi yang Terhubung untuk Pengalaman yang Seamless

Di Zoho Creator Platform, pengembang (tim TI) bisa memanfaatkan model universal cloud yang disertakan untuk transfer data yang aman, dengan mengotomatiskan protokol integrasi data dengan arsitektur data terpadu serta lebih dari 650 konektor plug-and-play. Hal ini disebutkan Zoho memungkinkan integrasi data yang lebih mudah bagi pengguna. Menggunakan Integration Status Dashboard, pengguna dapat melihat seberapa efektif integrasi yang berjalan, serta memungkinkan pula perusahaan menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan cepat.

Meningkatkan Kontrol untuk Tim TI

Zoho Creator Platform membolehkan pengembang (tim TI) meluncurkan solusi pada lingkungan-lingkunangan yang berbeda, seperti pengembangan dan produksi, hanya dengan sekali klik. Zoho mengatakan hal ini membuat pengembang (tim TI) memiliki kontrol yang meningkat atas pengembangan dan manajemen siklus hidup produk. Selain itu, aneka fitur governance juga tersedia yang memungkinkan governance terpusat dilakukan tim TI.

Sumber: https://infokomputer.grid.id/read/123194685/zoho-tawarkan-zoho-creator-platform-mudahkan-bisnis-bangun-aplikasi

Popular Posts