3 Tips Kreatif Buat Konten TikTok Saat Bulan Ramadhan, Content Creator Pemula Wajib Tahu

 Ilustrasi TikTok. Terdapat empat kategori konten yang menjadi inspirasi pengguna TikTok untuk memaknai kebersamaan Ramadan. /Pixabay/Antonbe

Menjadi seorang content creator media sosial saat ini mungkin banyak digandrungi oleh setiap orang.

Pasalnya, masifnya penggunaan media sosial dan internet di masa kini telah menjadi aktivitas sehari-hari untuk siapapun.

Platform media sosial TikTok membagikan sejumlah tips membuat konten kreatif spesial selama bulan Ramadhan untuk content creator pemula.

Hal itu disampaikan langsung oleh Head of Business Marketing TikTok, Sitaresti Astarini, yang menyatakan banyak fitur spesial saat nanti bulan Ramadhan.

Baca Juga: Syekh Mansour Temui Bashar al-Assad, Inggris Murka dan Ancam Sanksi Manchester City

"Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk ikut mengambil bagian membantu masyarakat menemukan kebahagiaan mereka dengan cara-cara yang kreatif dan relevan dengan kondisi saat ini," ucap Sitaresti Astarini.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antaranews.com, berikut 3 tips kreatif membuat konten TikTok selama bulan Ramadhan.

1. Pahami kategori konten dan momen selama bulan Ramadhan.
Berdasarkan guidebook TikTok mengenai Ramadhan 2022, terdapat empat kategori konten yang menjadi acuan.

Acuan itu untuk memaknai kebersamaan Ramadhan juga, yakni hiburan, tradisi memberi hadiah dan berbelanja, kebiasaan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

Lalu, harus mengetahui momen-momen Ramadhan agar konten mendapatkan exposure yang tinggi.

TikTok membagikan momen kunci ini ke dalam tiga fase, yaitu fase Persiapan, fase Bulan Ramadhan, dan fase Perayaan Lebaran.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Cek Pesan Spiritual untuk Anda dengan Memilih Satu Botol Favorit

Pada fase persiapan bisa membuat konten menyambut bulan suci dengan membersihkan rumah lalu memakai tagar #bersihbersih.

Fase bulan Ramadhan, bisa membuat banyak konten yang menarik. Seperti ngabuburit, sahur on the road dan yang pasti buka bersama dengan orang terdekat dengan tagar #bukabarenglagi.

Saat fase perayaan lebaran, momen silaturahmi menjadi kuncinya. Lalu, menunjukkan outfit of the day saat lebaran juga bisa menjadi opsi konten.

2. Eksperimen dengan fitur dan ekosistem TikTok selama bulan Ramadhan
Mulai dari stiker, filter, dan musik spesial Ramadan, hingga fitur Duet maupun Stitch yang bisa memancing interaksi antara sesama content creator.

Kuncinya adalah interaksi dan engagement, memanfaatkan elemen penting ekosistem TikTok yang begitu beragam, sepertu kampanye kepada netizen dengan fitur Duet atau Stitch.

Kolaborasi sesama content creator juga sangat penting. Pilih kreator yang memiliki kesamaan value agar video yang dihasilkan semakin engaging.

3. Libatkan komunitas TikTok secara maksimal selama bulan Ramadhan
Content creator bisa membuat konten lewat beragam solusi yang di TikTok, mulai dari fitur Hastag Challenge, Brand Takeovers, Top Views, In-feed Ads dan One Day Mas Ads.***

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-014045465/3-tips-kreatif-buat-konten-tiktok-saat-bulan-ramadhan-content-creator-pemula-wajib-tahu?page=3

Popular Posts