Tren Mobile Gifting Meningkat, Aldmic Coopn Digital Rambah B2B

 ILUSTRASI. Menerima hadiah di hari spesial. (TheDailyMeal)

Aldmic Coopn Digital (pay’s gift), sebelumnya bernama PT Aldmic Technology Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang aggregator merchant yang fokus mengembangkan penyediaan voucher digital dan manajemen program loyalty, di pasar Indonesia baru saja mendapat pendanaan Seri A dari Coop Marketing. Sebagai informasi, Coop Marketing sendiri merupakan perusahaan penyedia e-voucher terbesar di Korea Selatan (Korsel).

Setelah diguyur pendanaan baru ini, Aldmic menyebut bakal terus melebarkan sayap ke lini Business-to-Consumers (B2C). Di pasar Indonesia, Aldmic menyebut akan terus berupaya untuk menambah fokus bisnis dengan menumbuhkan budaya pemberian hadiah peer-to-peer.

“Kami ingin menjadikan hadiah digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama untuk mengekspresikan apresiasi dan terima kasih satu sama lain,” ujar CEO Aldmic COOPN Digital Willy Thomas kepada wartawan belum lama ini di Jakarta.

Dia menambahkan, sebagai platform mobile gifting pertama di Indonesia, Pay’s Gift berambisi untuk merevolusi kebiasaan pemberian hadiah di Indonesia dengan cara yang lebih fleksibel, praktis, dan berkelanjutan. Langkah Aldmic untuk memasuki lini B2C dalam pemberian hadiah digital dinilai tepat.

Pasalnya, menurut Global Gift Card Survey 2021, pasar pemberian gift card di Indonesia akan tumbuh pesat dari USD 1,36 miliar pada 2020 menjadi USD 2,3 miliar pada 2025.

Laju Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) diprediksi akan mencapai 9,9 persen per tahun pada periode 2021-2025. Tak hanya itu, karena masyarakat Indonesia kian terbiasa bertransaksi online, permintaan untuk voucher digital pun disebut ikut meningkat. Dibandingkan dengan kategori produk lain yang cenderung mengalami penurunan selama pandemi, pembelian pulsa dan voucher digital di kanal e-commerce justru naik sebesar empat persen dari 2019-2022.

Bahkan, berdasarkan riset SIRCLO, ditemukan pula bahwa 45,2 persen perempuan melakukan pembelian pulsa dan voucher digital secara online. Selain tren positif tersebut, Pay’s Gift juga meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi penduduk dan kultur yang sejalan dengan fokus perusahaan.

Dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia juga memiliki kebiasaan untuk saling memberikan hadiah, terutama pada momen-momen spesial seperti Tahun Baru, Lebaran, Natal, ulang tahun, dan Imlek. “Dalam waktu dekat kami juga akan menawarkan kategori gaya hidup lain seperti entertainment, gaya busana, medis, mainan anak-anak, perjalanan, dekor, peralatan rumah tangga, alat olah raga dan kecantikan – hingga akhirnya kami bisa meliputi keseluruhan spektrum gaya hidup masyarakat Indonesia,” tandas Willy.

Sumber : https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/28/03/2022/tren-mobile-gifting-meningkat-aldmic-coopn-digital-rambah-b2b/?page=2

Popular Posts