Sosial Media sebagai Platform Jualan Masa Kini

 

Foto: Istimewa

Perkembangan sistem informasi dan teknologi mempengaruhi kemudahan masyarakat dalam melakukan banyak hal, terutama berwirausaha. Saat ini banyak masyarakat memanfaatkan sosial media mereka sebagai sarana untuk berwirausaha.

Berdasarkan data yang disajikan oleh Hootsuite (We Are Social), pada tahun 2021 pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai 170 juta (61,8% dari jumlah populasi di Indonesia), hal ini menunjukkan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia memiliki akun social media. Sedangkan untuk platform yang paling banyak digunakan adalah Youtube sebanyak 93,8% dari jumlah populasi, diurutan kedua ada Whatsapp sebanyak 87,7%, diikuti Instagram sebanyak 86,6%, dan diurutan keempat ada Facebook sebanyak 85,5%.

Dengan melihat data tersebut tentunya menjadi angin segar bagi mereka yang baru memulai usaha dan tidak tau bagaimana cara mempromosikannya. Belakangan ini juga banyak bermunculan influencer atau selebgram (selebriti Instagram), mereka adalah seseorang yang memiliki banyak pengikut diakun sosial medianya, masyarakat yang memiliki suatu usaha, bisa memakai jasa para influencer tersebut untuk mempromosikan produk mereka. Tentunya dengan social media produk yang dibuat akan semakin luas pangsa pasarnya, seseorang dapat memasarkan produk melewati batas wilayah tertentu.

Selain platform sosial media yang disebutkan di atas, saat ini juga sudah banyak bermunculan e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Tercatat pada tahun 2021 berdasarkan hasil survei We Are Social, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce, dimana Indonesia menempati posisi pertama, disusul oleh Inggris dengan 86,9%, lalu posisi ketiga ada Filipina sebesar 86,2%, dan sekitar 85% pengguna internet di Thailand dan Malaysia yang memanfaatkan layanan e-commerce.

Dengan adanya e-commerce tersebut akan sangat mudah bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya kepada konsumen diluar sana. Bahkan saat ini dengan pesatnya kemajuan teknologi seseorang bisa membuka usaha tanpa modal, hal ini disebut dengan dropshipper.

Sudah banyak kaum milenial muda sekarang yang melakukan ini untuk menambah pemasukan mereka, selain itu dengan melakukan hal ini penjual tidak perlu memikirkan membuka toko untuk berjualan dan para pembeli juga tidak harus keluar rumah untuk membeli kebutuhannya.

Sumber : https://waspada.co.id/2022/03/sosial-media-sebagai-platform-jualan-masa-kini/

Popular Posts