User Generated Content, Strategi Pemasaran yang Cocok dalam Mengembangkan UMKM

 User Generated Content, Strategi Pemasaran yang Cocok dalam Mengembangkan UMKM

User generated content atau UGC merupakan konten yang dipublish oleh pengguna brand yang dibuat apa adanya dan terasa lebih jujur.

Bagi pelaku UMKM, user generated content adalah strategi pemasaran yang harus dimaksimalkan secara optimal agar dapat memengaruhi branding awareness dan loyalitas pelanggan.

Sebanyak 93% pelanggan percaya bahwa konten buatan pengguna sangat membantu saat membuat keputusan pembelian. Brand juga mengalami peningkatan konversi lebih dari 50% pengunjung ke halaman yang menampilkan UGC.

UGC kini telah ramai dimanfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran para pelaku UMKM dan brand ternama.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimalnya, kamu perlu mencari siapa influencer yang cocok dalam memberikan review atau testimoni penggunaan produk atau jasa untuk memberikan pengaruh terhadap minat konsumen.

Agar pemanfaatan UGC bisa lebih efektif untuk branding, kamu bisa mencoba mengikuti beberapa tips berikut:
1. Tentukan tujuan yang jelas. Jenis konten apa yang akan dibuat atau apa yang ingin dipromosikan dalam content marketing tersebut.
2. Buat hashtag/tagar unik. Ide hashtag/tagar yang unik dan relevan bagi bisnis membuat kampanye Anda lebih menarik.
3. Berikan hadiah/apresiasi. Penting memastikan hadiah atau apresiasi tersebut adalah sesuatu yang diinginkan audiens. Tetapi, pastikan juga hadiahnya tetap relevan dengan bisnis.
4. Putuskan platform media sosial mana yang ingin ditargetkan. Ini berkaitan dengan mengoptimalkannya lewat iklan.
5. Berkolaborasi dengan influencer untuk memperkuat kampanye UGC.
6. Lacak kinerja secara konstan dengan tools analysis untuk mengidentifikasi jenis UGC yang berhasil dan yang tidak.

Sumber : https://linkumkm.id/news/detail/11920/user-generated-content-strategi-pemasaran-yang-cocok-dalam-mengembangkan-umkm

Popular Posts