Bisnis Lewat Sosial Media, Begini Cara Pasang Iklan di Instagram Ads


Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di semua lapisan masyarakat dan cocok untuk media bisnis.

Salah satunya dengan memasang iklan ads, endorse dan sebagaianya melalui akun Instagram.

Lantas bagaimana cara memasang iklan di Instagram ads?

Instagram memiliki berbagai fitur kreatif yang dapat digunakan brand untuk menjangkau audiensnya mulai dari Feed, Stories, LIVE hingga IGTV.

Instagram juga tersedia untuk akun pribadi dan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Instagram juga menawarkan bagi pebisnis dan memberikan kesempatan untuk beriklan di media sosial.

Iklan di Instagram terbagi menjadi lima jenis, yakni iklan cerita (stories), iklan foto (feed), iklan video, iklan carousel dan iklan koleksi.

Sementara untuk memasang iklan di Instagram ads ada dua cara, yaitu melalui Instagram Business dan melalui Facebook Business Manager.

Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menggunakan Instagram Business

Jika kamu belum punya akunnya, sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara membuat Instagram Business.

Berikut ini cara beriklan di Instagram melalui Instagram post dan story.

A. Instagram post

Untuk membuat iklan Instagram dalam bentuk postingan, caranya seperti ini:

- Ubah akun Instagram Anda menjadi Instagram Business atau Instagram Creator.

- Pilih postingan atau reels untuk dipromosikan.

- Klik "promote" atau “boost post”.

- Siapkan dengan atau tanpa akun Facebook.

- Pilih target pemasaran.

Di sini Anda akan menemukan 3 menu, yaitu:

Semakin banyak orang mengunjungi profil Instagram Anda mak semakin banyak orang akan mengunjungi situs web dan semakin banyak orang mengirimi Anda pesan.

Pilih audiens target Anda. Pada fase ini, Anda akan diminta untuk “menentukan” siapa target audience dari konten iklan tersebut.

Ada tiga menu di sini, yaitu grup target otomatis sesuai dengan algoritma Instagram, grup target yang Anda tentukan sendiri dengan memilih kriteria tertentu (persyaratan khusus) dan grup target yang Anda tentukan sendiri (buat sendiri).

Setelah menentukan pilihan, klik Selesai.

Tetapkan anggaran atau budget dan durasi iklan.

Tahap ini juga memberi tahu Anda berapa banyak akun yang dijangkau iklan.

Setelah membalas, klik "Berikutnya" untuk melihat "pratinjau" iklan tersebut.

Jika tidak ada lagi yang perlu diedit, klik "payment" untuk memilih metode pembayaran.

Kemudian klik “Create Promotion”.

B. Instagram Story

Cara membuat iklan Instagram Story:

-Membuat konten story. Pastikan konten story berukuran 1080 x 1920 piksel atau memiliki rasio aspek 16:9.

- Unduh story tersebut.

- Klik pada tiga titik di sudut kanan bawah story.

- Kemudian klik “promote” atau “boost story”.

Tentukan call to action (CTA) untuk ditampilkan kepada audiens. CTA adalah tindakan yang Kamu inginkan untuk dilakukan oleh para audiens

Fungsi ini bisa langsung swipe ke WhatsApp, swipe untuk cek profil IG dan lain sebagainya.

Tetapkan anggaran atau budget dan durasi.

Lihat preview dari iklan tersebut.

Klik "payment" untuk melihat dan mengubah metode pembayaran.

Kemudian klik “Create Promotion”. 

Sumber: https://www.nasional.id/ekonomi-bisnis/5398479853/bisnis-lewat-sosial-media-begini-cara-pasang-iklan-di-instagram-ads?page=4

Popular Posts