Pelaku UMKM Wajib Digital Marketing


Keberadaan UMKM sangat berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian. Karena UMKM memiliki kontribusi yang cukup besar yaitu perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Namun, kemajuan UMKM sering terkendala dalam pemasaran produknya. Untuk itu, UMKM perlu memanfaatkan digital marketing untuk mendukung kemajuan usahanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung (Babel), Yulizar Adnan mengatakan pemasaran atau promosi sering menjadi kendala yang dihadapi UMKM. Padahal promosi atau pemasaran menjadi faktor penentu dalam meningkatkan angka penjualan bagi seluruh jenis usaha baik kecil maupun besar.

"Pada era digitalisasi, pelaku UMKM dituntut untuk dapat terus berproduksi dan berpromosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu cara yang efektif dalam menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing," katanya saat membuka Pelatihan Digital Marketing Angkatan III secara virtual, Selasa (11/4).

Pelatihan ini diikuti sebanyak 60 pelaku UKM yang berasal dari Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur (Beltim). Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11 hingga 13 April dan menghadirkan pembicara dari Indo Eximpro Jakarta.

Di hadapan pelaku UMKM, Yulizar menjelaskan, bahwa digital marketing menjadi penting karena merupakan suatu produk teknologi informasi yang mempromosikan produk atau jasa melalui media internet seperti Facebook, Instagram, Tik Tok serta berbagai aplikasi commerce. Penggunaan media internet dan aplikasi commerce memberikan jaminan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan produk/jasa yang ditawarkanm. "Digital marketing memberikan kemudahan untuk memasarkan produk seluas-luasnya dan juga memberikan kemudahan untuk konsumen untuk mendapatkan produk dari pelaku UMKM," jelasnya.

Pihaknya berpesan agar pelatihan digital marketing ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh semua peserta. Dan materi yang disampaikan para pembicara dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis. "Manfaatkan pelatihan ini dengan baik. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya jika ada hal yang belum dimengerti," pesannya.

Ia juga berharap, pelatihan yang diberikan ini dapat membantu mengatasi permasalahan pemasaran yang dialami. Selain itu juga untuk meningkatkan tali silaturahim diantara pelaku UMKM. "Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang bagi peningkatan skill dan pengetahuan sehingga semakin mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran dengan cara yang sederhana, mudah dan murah," pungkasnya.

Sumber: https://babelpos.disway.id/read/646959/pelaku-umkm-wajib-digital-marketing

Popular Posts