Deretan Peluang Usaha Ini Cuma Modal Internet, Boleh Dicoba Nih!


 Layanan internet dengan kecepatan tinggi mampu mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat dari rumah, termasuk usaha online.

Senior Manager Marketing Consumer Biznet Adrianto Sulistyo mengatakan, saat ini ada perubahan tren pengguna internet rumahan yang tidak hanya menikmati konten, tetapi juga memanfaatkan peluang menjadi masyarakat kreatif digital.

"Kita melihat anak muda sekarang bukan sekadar nonton, download film, atau file, tapi juga rajin membuat konten. Misal untuk upload video di Youtube, mengunggah foto dan dibayar," kata Adrianto, dikutip Minggu, 9 April 2023.

"Kita pernah roadshow keliling kota, ada beberapa yang menarik, seperti Mas Andi, salah satu pedagang online di Kediri, dia membutuhkan koneksi internet untuk jualan sayur secara online," tambahnya.

 Dari berbagai laporan tersebut, katanya, layanan internet rumah tidak hanya sekadar untuk kepentingan sendiri. Melainkan juga untuk usaha kecil, bahkan usaha perorangan.

"Semenjak pandemi dengan kebijakan work from home, permintaan konsumen pasar terhadap koneksi internet rumah lebih tinggi. Selain itu, koneksi internet yang dibutuhkan di rumah juga menjadi sama kualitasnya dengan yang digunakan di kantor," terang Adrianto.

Peluang usaha yang cuma modal internet

Dikutip dari berbagai sumber yang dirangkum Medcom.id, berikut ide-ide bisnis rumahan yang bisa meraup cuan maksimal dan cuma butuh jaringan internet memadai:


1. Penulis lepas

Usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah penulis lepas atau freelance. Kamu dapat menulis artikel tentang topik apa pun, mulai dari artikel kesehatan hingga bisnis.

Biasanya banyak pemilik website yang membutuhkan penulis freelance untuk mengisi blognya karena mereka tidak punya waktu untuk menulis.

Penulis freelance bisa dibilang sebagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan karena mudah dilakukan apalagi kamu tertarik di bidang kepenulisan dan tidak membutuhkan modal besar.


2. Jual pulsa dan paket internet

Berjualan pulsa dan paket internet menjadi peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya. Sebab, kebutuhan masyarakat saat ini terhadap pulsa dan paket internet semakin meningkat. Mulai dari anak hingga lansia menggunakan smartphone.


3. Dropshipper

Dunia e-commerce yang kian berjaya membuat peluang bisnis dari sini bisa dijajaki, salah satunya dengan menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu repot menyimpan stok dagangan di rumah, cukup menyambungkan pesanan customer kepada supplier.

Dropship bahkan memungkinkan kamu tidak memerlukan modal terlalu tinggi. Cukup menyediakan laptop atau smartphone dengan koneksi internet yang optimal, kamu bisa memulainya dari sekarang. Carilah supplier yang bisa dipercaya bekerja sama dan kami tinggal memanfaatkan waktu luang yang ada.


4. Jasa konsultasi

Jasa konsultasi bisa menjadi ladang bisnis online menggiurkan, terlebih jika kamu sudah menguasai sebuah bidang. Kamu bisa menggunakan mekanisme 'remote' untuk menjual jasa konsultasi, sehingga tidak perlu datang ke orang yang membutuhkan.

Kamu bisa menjual jasa konsultasi dengan membeli putus atau juga berbagi keuntungan, jika hal yang dikonsultasikan bisa menaikkan rate bisnis. Tentu ini bisa jadi sambilan usaha atau juga pekerjaan utama kamu.


5. Penerjemah

Penerjemah saat ini tengah digandrungi dan banyak sekali yang mencari, meski sudah ada mesin penerjemah google. Perlu diketahui, mesin penerjemah hanya bisa memberikan akurasi di bawah 60 persen.

Karena itu, banyak yang tetap membutuhkan seseorang untuk menerjemahkan sebuah tulisan atau juga video. Hal ini bisa menjadi ladang bisnis buat kamu, apalagi jika kamu menguasai berbagai bahasa.

Selain bahasa Inggris, penerjemah yang laku dan paling banyak dicari adalah bahasa Jepang, Rusia, dan Tiongkok.

Sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GKdEwreN-deretan-peluang-usaha-ini-cuma-modal-internet-boleh-dicoba-nih

Popular Posts