Dosen Universitas BSI Kenalkan Media Teknologi Informasi untuk Literasi Digital Anak




Di Bulan Puasa Ramadhan 1444 Hijriyah yang penuh berkah ini, tidak menyulutkan semangat dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan di Pelopor Kepedulian Asrama Cerdas Yatim Piatu, bertempat di Jalan Pajajaran Raya No 21 Peerumnas III Karawaci Kabupaten Tangerang. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Muhammad Abdul Ghani dengan anggota tim yakni Robi Aziz Zuama, Deni Gunawan, Achmad Baroqah Pohan dan Dina Hermalia. Acara diselenggarakan pada Sabtu (8/4/2023) pukul 10.00-12.00 WIB secara hybrid. 

Menurut Muhammad Abdul Ghani sebagai ketua pelaksana kegiatan, kurangnya pengetahuan dalam meningkatkan pembelajaran pada anak menjadi salah satu tercetusnya tema yang diangkat pada kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan media teknologi (IT) informasi pada anak usia dini agar bertambah pengetahuan dan wawasannya,” katanya dalam rilis yang diterima, Selasa (11/4/2023).

Dosen Universitas BSI, ungkapnya memberikan pemahaman tentang bagaimana belajar dengan media IT agar pembelajaran menjadi seru dan mengasyikan bagi anak- anak.

“Pembelajaran anak di era digital saat ini memerlukan penggunaan media IT yang dapat mendukung proses belajar mengajar menjadi efektif, efisien, dan menarik. Media IT merupakan media yang memanfaatkan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet, smartphone, dan internet untuk menyajikan informasi dan pengetahuan dalam bentuk teks, gambar, suara, video, atau animasi,” jelasnya. 

Media IT, imbuhnya menjelaskan dapat membantu anak dalam mengembangkan keterampilan dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif yang dibutuhkan di abad 21.

“Penggunaan IT untuk pembelajaran anak memiliki manfaat bisa menstimulasi minat dan motivasi belajar anak dengan menyajikan materi pembelajaran yang vareatif, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik anak,” tegasnya. 

Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran anak dengan memanfaatkan media IT yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak.

“Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan motivasi dan minat anak dalam belajar dengan menggunakan media IT yang menarik dan interaktif,” harapnya.

Sumber: https://news.republika.co.id/berita/rszooo423/dosen-universitas-bsi-kenalkan-media-teknologi-informasi-untuk-literasi-digital-anak

Popular Posts