Ingin Jalankan Fungsi "Customer Service" di Media Sosial? Begini Caranya


Saat ini, sebagian besar bisnis menggunakan
 media sosial untuk menjalankan fungsi customer service guna meningkatkan citra pada brand mereka.

Dengan menjalankan fungsi customer service atau layanan pelanggan yang baik di media sosial, pelaku usaha bisa meningkatkan engagement kepada pelanggannya.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara melakukan customer service yang baik di media sosial.

1. Membuat akun khusus di media sosial

Hootsuite memberikan saran untuk membuat akun khusus pelayanan konsumen di media sosial. Hal ini ditujukan untuk berkomunikasi bersama pelanggan dan memberikan solusi bagi masalah yang tengah dirasakan.

Melakukan hal tersebut bisa membantu memilah permasalahan yang dirasakan pelanggan saat memakai produk atau layananmu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tim khusus agar dapat memberikan solusi yang tepat pada pelanggan.

Sebaiknya akun khusus ini diletakkan di profil media sosial utama, agar pelanggan tidak merasa bingung.

2. Memperhatikan pembicaraan tentang brand di media sosial

Menurut Groove HQ, perhatikan selalu bagaimana orang-orang di media sosial membicarakan brand-mu. Dengan melakukan hal ini bisa memberikan customer service secara baik di media sosial.

Karena tidak semua pelanggan akan mention akun media sosialmu apabila terjadi masalah dalam produk atau layananmu.

Sehingga, perhatikan pembicaraan tentang brand-mu di media sosial. Jadi, kamu bisa memberi bantuan bagi pelanggan yang mengalami masalah, walaupun mereka tidak menghubungimu langsung.

3. Melakukan tindakan yang lebih aktif

Apabila pelanggan suka menanyakan perihal yang sama, itu tandanya kamu harus memberikan sumber informasi yang dapat diakses secara mandiri.

Saluran pelayanan pelanggan di media sosial merupakan platform yang baik untuk membagikan konten edukasi mengenai produk atau layanan. Misalnya seperti kamu bisa membuat video tutorial ataupun artikel blog.

Dengan melakukan hal tersebut, mampu mengurangi jumlah permintaan bantuan yang datang dari pelanggan.

4. Mengelola keinginan pelanggan

Selanjutnya saat memberikan customer service di media sosial dengan mengelola keinginan pelanggan. Salah satu caranya bisa dengan memberitahu mereka kapan tim pelayanan pelanggan bisa untuk dihubungi.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memberi tahu mereka berapa lama yang diperlukan untukmu memberi respon.

5. Menggunakan platform yang engagementnya tinggi

Menurut Indeed, melakukan customer service di media sosial bisa berjalan secara efektif dan sukses apabila menggunakan platform yang tepat. Jadi, pilihlah media sosial yang mana engagement brand-mu mempunyai nilai tinggi.

Dengan menggunakan platform yang engagementnya tinggi bisa meningkatkan aksesibilitas pelanggan untuk menanggulangi masalah pada produk atau layananmu. Selain itu, kamu juga dapat mengontrol diskusi audiens tentang brand-mu secara mudah.

Sumber: https://umkm.kompas.com/read/2023/06/13/165558483/ingin-jalankan-fungsi-customer-service-di-media-sosial-begini-caranya?page=all#page2

Popular Posts